IDENTIFIKASI HASIL-HASIL PENELITIAN PADA LPPM YANG LAYAK DITINDAK LANJUTI UNTUK KEGIATAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

ABDUL, GAFUR,PROF DR.,M.SC and Heru, Kuswanto and Sri, Budyartati, M.Pd. (2012) IDENTIFIKASI HASIL-HASIL PENELITIAN PADA LPPM YANG LAYAK DITINDAK LANJUTI UNTUK KEGIATAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT. Artikel Penelitian Kelompok Kajian.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hasil-hasil penelitian pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta (LPPM-UNY) yang layak ditindaklanjuti untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian pada masyarakat dimaksud meliputi kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan langsung kepada masyarakat (bersifat nonkependidikan) maupun pada lembaga-lembaga pendidikan (bersifat kependidikan). Penelitian ini merupakan kajian atau analisis dan penilaian terhadap dokumen laporan hasilhasil penelitian yang terdapat pada LPPM tahun 2010 dan 2011. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan jalan menelaah dokumen, difokuskan pada judul, abstrak, simpulan/produk hasil penelitian, dan implikasi serta saran penelitian. Instrumen penelitian berupa lembar ceklist/rubrik yang berisikan sejumlah kriteria kelayakan suatu hasil penelitian untuk ditindaklanjuti dalam kegiatan kepada masyarakat. Kriteria dimaksud meliputi: kemanfaatan, aplikabilitas, keberlanjutan, biaya, dsb. Analisis data dilakukan dengan memberikan penilaian/judgement judul-judul penelitian berdasar terpenuhi tidaknya kriteria yang telah ditentukan dalam rubrik penilaian. Hasil penilaian antar peneliti/penilai kemudian dicek silang untuk mendapatkan hasil akhir judul-judul yang dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat sejumlah hasil-hasil penelitian pada LPPM - UNY yang diidentifikasi layak untuk ditindak lanjuti dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, baik kepada masyarakat langsung maupun masyarakat pendidikan (di lembaga-lembaga pendidikan). Juduljudul yang diidentifikasi meliputi judul-judul bidang non kependidikan dan judul-judul bidang kependidikan. Ditemukan sejumlah 68 judul penelitian bidang pendidikan baik formal maupun nonformal yang layak ditindaklanjuti untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat lewat lembagalembaga pendidikan. Ke 68 judul tersebut masing-masing terdiri dari: 11 hasil penelitian eksternal dan 8 penelitian internal tahun 2010; 33 hasil penelitian ekternal dan 16 penelitian internal tahun 2011.Ditemukan sejumlah 40 judul-judul penelitian bidang nonkependidikan yang layak ditindak lanjuti untuk kegiatan penelitian kepada masyarakat secara langsung. Ke 40 judul tersebut masing-masing terdiri dari: 8 penelitian eksternal dan 6 penelitian internal tahun 2010; 9 penelitian eksternal, dan 17 penelitian internal tahun 2011. Disarankan agar setiap akan melakukan kegiatan PPM , terlebih dahulu perlu diidentifikasi judul-judul hasil penelitian yang dihasilkan oleh LPPM. Hal ini untuk mewujudkan prinsip pengabdian pada masyarakat berbasis hasil penelitian. Dalam menentukan judul-judul penelitian yang akan di PPM kan, perlu digunakan kriteria/pertimbangan azas manfaat, keterlaksanaan, keberlanjutan, dan biaya. Dalam melaksanakan PPM untuk mengimplementasikan hasil-hasil penelitian tersebut perlu dibuat urutan prioritas. Hal ini mengingat keterbatasan biaya, tenaga, dan waktu. Tanpa adanya urutan priotitas akan sulit untuk mengimplementasikan semua hasil penelitian yang telah teridentifikasi tersebut.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Kelompok Kajian 2012
Uncontrolled Keywords: Hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat.
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 31 Jul 2015 00:35
Last Modified: 31 Jul 2015 00:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24388

Actions (login required)

View Item View Item