UJI PRODUK MODEL BERMAIN LITERASI DENGAN SENTRA LINGKARAN

Tadkiroatun, Musfiroh, Dr., S.Pd., M.Hum. and Ika Budi Maryatun, M.Pd (2012) UJI PRODUK MODEL BERMAIN LITERASI DENGAN SENTRA LINGKARAN. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAPORAN HIKOM.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UJI PRODUK.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji produk model bermain literasi (BL) dengan model sentra lingkaran di sentra persiapan (Senling). Komponen yang diuji meliputi (1) perbedaan minat, (2) proses bermain, dan (3) tahap keaksaraan anak. BL meliputi 4 permainan BL, yakni teks pelangi, geometri huruf, pola suku kata, dan light table. Subjek penelitian sebanyak 3 lembaga TK 68 anak di DIY. Uji produk menggunakan eksperimen quasi. Uji produk dilakukan selama dua bulan. Pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan penghitungan SPSS 16. Instrumen meliputi instrumen minat keaksaraan, instrumen perlakuan BL (bermain Literasi), Senling (sentra Lingkaran), instrumen tahap keaksaraan baca dan instrumen tahap keaksaraan tulis. Validitas menggunakan validitas konstruk dan pemanfaatan instrumen yang sudah digunakan Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, Uji produk untuk tahap keaksaraan baca, (a) BL unggul 0,08 dari senling, dengan nilai –t 9,574 (BL) ; Uji produk untuk keaksaraan tulis, (a) senling unggul 0,09 dari BL; Kedua, uji produk minat keaksaraan, (a)BL unggul 2,553 dari senling dengan nilai –t -8,876 ; Ketiga, uji produk proses perlakuan (a) BL unggul 0,32 senling dalam membaca; (b) BL unggul tipis 0,03 dari senling dalam menulis; Berdasarkan angka-angka tersebut, tampak bahwa perlakuan keaksaraan dengan senling sementara dari BL sebaliknya. Hal ini berimbas pada peningkatan yang diperoleh. Selain itu BL unggul dalam membaca, tetapi kalah dalam hal menulis. Untuk minat BL lebih unggul. keunggulan BL atas mungkin disebabkan oleh faktor integrasi empat permainan ini sehingga hasilnya saling mendukung. Meskipun demikian, baik BL maupun senling efektif untuk minat keaksaraan anak, proses bermain, dan tahap keaksaraan anak.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Kompetensi 2012
Uncontrolled Keywords: Uji produk, senling, minat baca, keaksaraan main, pemerolehan keaksaraan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 30 Jul 2015 06:30
Last Modified: 30 Jul 2015 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24378

Actions (login required)

View Item View Item