Peran Sekolah dalam Pendidikan Karakter dengan Pengembangan Model Pembelajaran Holistik dan Kontekstual

Siti Irene, Astuti Dwiningrum and Widyastuti, Purbani (2012) Peran Sekolah dalam Pendidikan Karakter dengan Pengembangan Model Pembelajaran Holistik dan Kontekstual. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Peran Sekolah dalam Pendidikan Karakter dengan Pengembangan Model Pembelajaran Holistik dan Kontekstual.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian hibah pada tahap II ini menjawab dua pertanyaan pokok, yakni a) Bagaimanakah buku panduan pembelajaran holistik dan kontekstual pada pendidikan karakter yang dapat diterapkan di SMA?, b) Bagaimana penilaian guru terhadap buku panduan pembelajaran holistik dan kontekstual dalam pendidikan karakter di SMA?, c) Bagaimana peran sekolah dalam pengembangan model pembelajaran dengan pendekatan holistik dan kontekstual? Sampel penelitian adalah guru dan siswa di SMA N 5 Yogyakarta, SMA 5 Muh Yogyakarta dan SMA Taman Madya. Desain penelitian adalah Research and Development, sebagai dasar untuk mengembangkan buku panduan pembelajaran pada pendidikan karakter. Pelatihan dan penilaian kelayakan dilakukan sebagai usaha validasi modul dan pengembangannya. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Adapun langkah-langkah dalam penelitian tahap II antara lain: uji coba lapangan (main field testing), penyempuranaan produk hasil uji lapangan (operational product revision), uji pelaksanaan lapangan (operational field testing), penyempurnaan produk akhir (final product revision) dan diseminasi dan implementasi (Dissemination and Implementation) Hasil penelitian pada tahap kedua berdasarkan tahap dalam R & D dapat disimpulkan bahwa desain buku panduan yang dirancang untuk pembelajaran pada pendidikan karakter dengan pendidikan holistik dan kontekstual dapat diintegrasikan oleh guru SMA di sekolah, karena dinilai layak oleh ahli pendidikan karakter, ahli teknologi pembelajaran, ahli perkembangan guru serta siswa. Dengan adanya buku panduan pembelajaran tentang pendidikan karakter, maka sekolah dapat berperan lebih aktif dalam mengembangkan model pembelajaran dengan pendekatan holistik dan kontekstual. Peran sekolah dalam mengembangkan model pembelajaran dengan pendekatan holistik dan kontekstual memerlukan dukungan dan sinergi dari guru, siswa dan orangtua siswa.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2012
Uncontrolled Keywords: karakterm holistik dan kontekstual
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 30 Jul 2015 03:27
Last Modified: 30 Jul 2015 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24354

Actions (login required)

View Item View Item