Erfan, Priyambodo , M.Si. and Antuni, Wiyarsi, S.Pd.Si. M.Sc (2012) Penggunaan Media Smart with Chemistry (SwC) Berbasis Web sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa SMA/MA. [Experiment/Research]
|
Text
LAPORAN HIBER.pdf Download (537kB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, internet menjadi sebuah kebutuhan bagi siapa saja yang ingin maju dan berwawasan luas. Internet dapat menjadi sumber informasi yang terbuka bagi setiap siswa. Pada tahun ke-II, penelitian ini difokuskan pada ujicoba media pembelajaran Smart with Chemistry (SwC) kepada siswa SMA dan MA di lingkup Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari hasil ujicoba ini akan diketahui kualitas media berdasarkan penilaian siswa, validitas soal di dalam media, tingkat kesulitan soal, daya pembeda soal serta pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar kimia siswa SMA/MA. Berdasarkan hasil penilaian reviewer, yaitu 5 orang guru kimia SMA/MA, diketahui bahwa media yang dikembangkan dalam kategori baik dan layak digunakan sebagai media belajar mandiri siswa SMA/MA. Media tersebut dapat diakses melalui url www.kimiakita.org. Selanjutnya, sebanyak 204 siswa SMA/MA dari 6 sekolah yang berbeda menilai kualitas media ini dari 3 aspek penilaian, yaitu aspek perangkat soal, aspek desain media pembelajaran dan aspek komunikasi visual. Selain itu, soal dalam media ini juga divalidasi di 2 sekolah yang berbeda. Media kemudian diujicobakan ke siswa untuk mengetahui pengaruhnya kepada hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa media Smart with Chemistry dikategorikan Baik yang dilihat dari aspek perangkat soal, aspek desain media pembelajaran dan aspek komunikasi visual menurut penilaian siswa. Dari hasil validasi soal, diketahui bahwa soal dalam media Smart with Chemistry masih banyak yang belum valid. Oleh karena itu soal-soal dalam media ini tidak bisa digunakan untuk mengukur kemampuan kimia siswa SMA/MA akan tetapi masih layak digunakan sebagai soal-soal latihan. Dari segi tingkat kesulitan soal, diketahui bahwa mayoritas soal dalam kategori sedang. Sedangkan dari daya pembeda butir soal hanya 35% yang dalam kategori Baik/Sangat Baik. Dari hasil ujicoba, juga diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa kelas X yang menggunakan media SwC dengan yang tidak menggunakan media SwC sebagai sumber belajar. Akan tetapi di kelas XI, terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan media SwC dengan siswa yang tidak menggunakan media SwC sebagai sumber belajar.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2012 |
Uncontrolled Keywords: | sumber belajar mandiri, media pembelajaran, smart with chemistry |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 01:48 |
Last Modified: | 30 Jul 2015 01:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |