PENGEMBANGAN INDIKATOR KARAKTER NGAYOGYAKARTA UNTUK TK-­‐SD DAN SMP-­‐SMA

Tadkiroatun, Musfiroh and Venny, Indria Ekowati and Yuli, Sectio Rini (2014) PENGEMBANGAN INDIKATOR KARAKTER NGAYOGYAKARTA UNTUK TK-­‐SD DAN SMP-­‐SMA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAP UNGG UNY ITADZ 2014.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha mengangkat budaya ngayogyakarta sebagai sumber pengembangan karakter beserta indikatornya secara rinci, kontekstual, dan operasional. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan indikator karakter berbasis budaya ngayogyakarta. Indikator karakter ini dibuat dengan terlebih dulu (a) menemukan konsep karakter Jawa Ngayogyakarta, (b) menggali dan menemukan nilai-nilai karakter Jawa Ngayogyakarta. (c) mengembangkan indikator karakter yang khas yogyakarta untuk TK-SD dan SMP-SMA. Penelitian ini berdesain kualitatif. Sumber data yang diperoleh, dieksplorasi dan dimaknai. Penelitian ini dilakukan melalui tahap-tahap: (a) pemilihan kasus, (b) pengumpulan data, (c) penyusunan data. (d) analisis data atau koding (e) perbandingan literatur, dan (f) pematangan temuan teoretik. Tahap-tahap tersebut dilakukan secara simultan sekaligus tumpang tindih demi menghasilkan temuan yang memiliki validitas. Subjek penelitian ini adalah seluruh hasil budaya Jawa Ngayogyakarta, baik lisan maupun tertulis, yang diduga memiliki kandungan karakter. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi langsung terhadap artefak nontulis, metode baca-catat terhadap data tulis, metode wawancara, serta metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan open coding, axial coding, selective Coding, dan replikasi teoretis. Validitas dibuat dengan sumber ganda, metode ganda, perbandingan literatur, dan pematangan temuan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, karakter Jawa Ngayogyakarta memiliki empat karakteristik yakni hierarkial, saling membatasi, dibentuk melalui aktivitas multisumber, serta didasarkan pada spirit ketuhanan dan keharmonisan. Kedua, karakter Jawa Ngayogyakarta terdiri atas 5 karakter utama, yakni bijaksana, alus, lantip, sengguh, jujur, serta 33 karakter pembentuk. Karakter bijaksana dibentuk oleh karakter rendah hati, sabar, welas asih, adil, prasaja, pemaaf, pendamai, dan toleran. Karakter alus dibentuk oleh karakter respek, santun, afiliatif, lemah lembut, tenang, dan ramah. Karakter lantip dibentuk oleh karakter waspada, peka, patitis, cermat, strategik, berhati-hati, analitis. Karakter sengguh dibentuk oleh karakter percaya diri, tatag, berani, gigih, tekun, semangat, tegas. Karakter jujur dibentuk oleh karakter jujur, setia, sembada, terbuka, dan blakasuta. Ketiga, indikator karakter untuk anak TK-SD bersifat konkret dan lebih banyak berbentuk larangan atau negasi. Indikator karakter untuk anak SMP-SMA bersifat konkret dan abstrak serta disampaikan dalam bentuk langsung dan tidak langsung. Karakter ini masih perlu diuji secara semantik, perlu dibuat modelnya, serta pengujian model.

Item Type: Experiment/Research
Uncontrolled Keywords: karakter jawa ngayogyakarta, indikator karakter, karakter utama, karakter pembentuk.
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 30 Jul 2015 01:45
Last Modified: 30 Jul 2015 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24267

Actions (login required)

View Item View Item