PROFIL KOMPETENSI ASESMEN PEMBELAJARAN MAHASISWA PPL-KKNFT-UNY DI SMK TEKNOLOGI DAN REKAYASA

Sudji, Munadi and SITI, NURMALA (2012) PROFIL KOMPETENSI ASESMEN PEMBELAJARAN MAHASISWA PPL-KKNFT-UNY DI SMK TEKNOLOGI DAN REKAYASA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap profil kompetensi asesmen pembelajaran mahasiswa FT-UNY dalam melaksanakan program KKN-PPL. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa FT-UNY yang akan melaksanakan KKN-PPL di SMK kelompok teknologi dan rekayasa se Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 775 orang. Populasi tersebar di 9 program studi kependidikan di lingkungan FT. Semua populasi dijadikan sebagai sampel penelitian.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tehnik tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul di analisis secara deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) penguasan kompetensi asesmen mahasiswa PPL-KKN FT-UNY secara keseluruhan termasuk kategori sedang (rerata sekor = 9,34), masih di bawah sekor rerata ideal 10, 2) aspek-aspek kompetensi asesmen yang masih menjadi kelemahan adalah memahami klasifikasi penilaian, memahami acuan penilaian, memahami format bentuk tes, menganalisis penilaian acuan relatif, menganalisis jawaban tes, memahami konsep reliabilitas, menerapkan bentuk tes obyektif, dan menginterpretasi tingkat kesukaran butir soal. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dilakukan program peningkatan kualitas pelaksanaan pembelajaran mata kuliah yang berkaitan dengan KKN-PPL, seperti Pengajaran Mikro, Teknologi Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN PENGEMBANGAN KEILMUAN GURU BESAR TAHUN ANGGARAN 2012
Uncontrolled Keywords: kompetensi, asesmen, dan kompetensi asesmen
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 30 Jul 2015 01:20
Last Modified: 30 Jul 2015 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24261

Actions (login required)

View Item View Item