UJI AKTIVITAS ANTIMUTAGENIK EKSTRAK METANOL RIMPANG TUMBUHAN KUNCI PEPET (KAEMPHERA ROTUNDA) BERDASARKAN JUMLAH SEL ERITROSIT BERMIKRONUKLEUS (MNPCE) SERTA ISOLASI DAN IDENTIFIKASI KOMPONENNYA

Sri, Atun, Ph.D and Nurfina, Az.N and Eddy Sulistyowati, Apt., M. S. (2012) UJI AKTIVITAS ANTIMUTAGENIK EKSTRAK METANOL RIMPANG TUMBUHAN KUNCI PEPET (KAEMPHERA ROTUNDA) BERDASARKAN JUMLAH SEL ERITROSIT BERMIKRONUKLEUS (MNPCE) SERTA ISOLASI DAN IDENTIFIKASI KOMPONENNYA. Artikel Penelitian Guru Besar.

[img] Text
artikel antimutagenik dari kunci pepet.doc

Download (464kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji aktivitas antimutagenik rimpang tumbuhan kunci pepet (Kaemphera rotunda), melakukan isolasi serta identifikasi struktur molekul komponen penyusunnya. Metode yang digunakan adalah melalui penelitian di laboratorium. Ekstraksi dari rimpang kunci pepet dilakukan secara maserasi dengan pelarut metanol. Ekstrak yang diperoleh dikeringkan dan diuji aktivitas antimutagenik secara invivo menggunakan mencit jantan galur Balb-c yang berusia 6-7 minggu. Uji aktivitas antimutagenik dilakukan dengan menghitung jumlah sel eritrosit polikromatik bermikronukleus (MNPCE) dari mencit akibat induksi senyawa penyebab mutasi (siklofosfamid) dibandingkan terhadap mencit kontrol dan eksperimen. Dosis ekstrak sampel yang digunakan 300 dan 600 mg/Kg bb. Isolasi dan identifikasi struktur ekstrak metanol kunci pepet dilakukan dengan metode kromatografi vakum cair, kromatografi gravitasi dengan pelarut yang sesuai. Sedangkan identifikasi struktur dilakukan secara spektroskopi UV, IR, dan NMR satu dan dua dimensi. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas antimutagenik ekstrak metanol kunci pepet pada dosis 300 mg/kg bb 80%. Dari penelitian ini juga dapat diisolasi dan ditentukan strukturnya tiga senyawa flavanon, yaitu 4’-hidroksi-8-metoksi-flavanon, 6- hidroksi-8-metoksi-flavanon, dan 4’, 8-dihidroksi-flavanon.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN HIBAH PENGEMBANGAN KEILMUAN GURU BESAR TAHUN ANGGARAN 2012
Uncontrolled Keywords: antimutagenik; kunci pepet; senyawa flavanon
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 30 Jul 2015 01:11
Last Modified: 30 Jul 2015 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24247

Actions (login required)

View Item View Item