PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TERHADAP IPA, KETERAMPILAN PROSES IPA, DAN PENGUASAAN MATERI IPA SISWA SMP

Jumadi, Jumadi and Paidi, Dr., M.Si. (2012) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU MODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TERHADAP IPA, KETERAMPILAN PROSES IPA, DAN PENGUASAAN MATERI IPA SISWA SMP. Artikel Penelitian Guru Besar.

[img] Text
COVER.doc

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan perangkat pembelajaran Model Susan Loucks – Horsley yang layak digunakan untuk pembelajaran IPA Terpadu di SMP, berdasarkan validasi ahli dan uji coba lapangan; (2) menyelidiki efektifitas perangkat pembelajaran dalam meningkatkan sikap terhadap IPA, keterampilan proses IPA dan penguasaan materi IPA siswa. Penelitian menggunakan metode Riset dan Pengembangan model Borg & Gall. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran untuk penilaian Silabus, RPP, dan LKS oleh ahli; angket untuk mengetahui sikap siswa terhadap IPA; lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran IPA Terpadu dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses IPA siswa sebelum dan sesudah menggunakan Model Susan Loucks – Horsley; serta lembar pretest-postest untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi yang dicapai siswa setelah pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan (1) perangkat pembelajaran Model Susan Loucks–Horsley yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran IPA Terpadu di SMP, berdasarkan validasi ahli dan uji coba lapangan; (2) perangkat pembelajaran yang dikemangkan efektif untuk meningkatkan sikap terhadap IPA, keterampilan proses IPA dan penguasaan materi IPA siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Guru Besar 2012
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, Model Susan Loucks – Horsley, sikap terhadap IPA, keterampilan proses IPA, penguasaan materi IPA.
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 29 Jul 2015 08:32
Last Modified: 29 Jul 2015 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24210

Actions (login required)

View Item View Item