Pengembangan Kurikulum Kimia SMA RSBI Menggunakan Kurikulum Rujukan dari Negara Anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD)

AK, Prodjosantoso and Endang, Widjajanti LFX and Marfuatun, Marfuatun (2012) Pengembangan Kurikulum Kimia SMA RSBI Menggunakan Kurikulum Rujukan dari Negara Anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). Artikel Penelitian Guru Besar.

[img] Text
artikel.GB-AK prodjo.doc

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk kurikulum kimia R SMA BI berupa silabus dan RPP kimia untuk kelas XI Semester II melalui adaptasi dan/atau adopsi kurikulum kimia kurikulum kimia dari negara Singapura, dan mengetahui keterlaksanaannya sebagai hasil. Penelitian ini temasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Define, Design, Development, dan Dissemination. Namun demikian penelitian ini hanya dilaksanakan sampai pada tahap Development. Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 7 Purworejo sejumlah 36 orang dengan rincian: 8 peserta didik untuk uji kelompok kecil dan 28 peserta didik untuk uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, tes (post-test), dan lembar jawaban peserta didik pada lembar diskusi. Masukan terhadap silabus dan RPP hasil pengembangan pada tahap penilaian oleh ahli materi kimia, ahli pembelajaran, peer reviewer, guru kimia R SMA BI dan pada tahap uji kelompok kecil digunakan sebagai dasar untuk perbaikan silabus dan RPP pada ujicoba tahap berikutnya. Penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut: (1) pengembangan silabus dan RPP hasil pengembangan kurikulum kimia menggunakan kurikulum rujukan dari Singapura ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur pengembangan kurikulum; (2) kualitas silabus dan RPP secara keseluruhan berkualitas “Sangat Baik” dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia di SMAN 7 Purworejo; dan (3) Keterlaksanaan silabus dan RPP kimia kelas XI semester II R SMA BI hasil adaptasi dan/atau adopsi kurikulum kimia R SMA BI terhadap kurikulum kimia dari negara Singapura ditinjau dari uji coba terhadap peserta didik dapat “terlaksana dengan baik”.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Guru Besar 2012
Uncontrolled Keywords: Pengayaan Kurikulum, Kurikulum Rujukan, Larutan Penyangga, Kreativitas Belajar Kimia, Kemandirian Belajar Kimia
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 29 Jul 2015 08:13
Last Modified: 29 Jul 2015 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24198

Actions (login required)

View Item View Item