PENGEMBANGAN BUKU CERITA TEMATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN MEMBACA PADAANAK PRASEKOLAH

Rita, Eka Izzaty and Rina, Wulandari and Nur, Cholimah (2014) PENGEMBANGAN BUKU CERITA TEMATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN MEMBACA PADAANAK PRASEKOLAH. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAPORAN AKHIR.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dan wawancara dengan pendidik tentang adanya fenomena pengenalan membaca dengan metode yang tidak sesuai dengan perkembangan anak di Taman Kanak-kanak sehingga diasumsikan menjadi hambatan dalam motivasi anak membaca pada tahap selanjutnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita yang sesuai dengan kondisi psikologis anak sebagai media pembelajaran pengenalan membaca di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Tahapan yang digunakan dalam pengembangan produk adalah melakukan studi pendahuluan dengan mengkaji literatur tentang berbagai tema yang ada dalam program kegiatan belajar di TK serta mengobservasi pembelajaran pengenalan membaca yang sudah dilakukan, merumuskan berbagai aspek penting dalam buku bacaan tematik yang disesuaikan dengan perkembangan anak, dan menyusun serta menvalidasi buku dengan uji ahli, uji keterbacaan dari pengguna yaitu pendidik anak prasekolah. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dari hasil observasi terhadap respon anak ketika draft buku bacaan digunakan oleh para pendidik. Adapun langkah-langkahnya adalah:mengumpulkan seluruh hasil pengamatan, melakukan analisis untuk menentukan tema yang menajdi dasar pembuatan buku bacaan serta untuk menentukan isi dan format yang disesuaikan dengan perkembangan anak usia 5-6 tahun, melakukan sintesis, yaitu mengolah keseluruhan data, pembuatan simpulan terakhir yang menjadi dasar pembuatan buku bacaan. Pada penelitian ini produk yang dikeluarkan berupa buku bacaan tematik yang dapat digunakan pendidik TK dalam mengenalkan membaca pada anak Taman Kanak-kanak.Buku tersebut minimal dilihat dari dua indikator, yaitu; Pertama, kriteria pembelajaran (instructional criteria) dan kriteria penampilan (presentation criteria), berupa gambar dan format buku.yang disesuaikan dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun. Kriteria ini dilihat melalui uji ahli media. Kedua, buku dilihat dari hasil uji keterbacaan para pengguna, dalam hal ini akan dilakukan oleh 10 orang pendidik Kelompok Bermain dan Taman Kanak- kanak.Adapun saran terhadap produk yang dihasilkan adalah disarankan untuk diujicobakan secara empirik pada anak-anak, apakah produk ini dapat meningkatkan kemampuan pengenalan huruf dan meningkatkan motivasi membaca pada anak.

Item Type: Experiment/Research
Uncontrolled Keywords: Buku cerita tematik, media pembelajaran, minat membaca, anak prasekolah
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:02
Last Modified: 29 Jul 2015 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24151

Actions (login required)

View Item View Item