Aryanto, Rendi (2013) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA N 1 CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
01 cover dan daftar isi.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 0.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 1.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 2.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 3.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 4.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 5.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 6.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
ringkasan.pdf Download (267kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemahaman guru PKn tentang PKn sebagai pendidikan karakter di SMA N 1 Cangkringan; (2) Nilai-nilai karakter yang telah dikembangkan dalam pembelajaran PKn di SMA N 1 Cangkringan; (3) Kegiatan pembelajaran PKn sebagai pendidikan karakter di SMA N 1 Cangkringan; dan (4) Kontribusi PKn dalam menumbuhkan budaya demokrasi dan karakter siswa di SMA N 1 Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Cangkringan, yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan Mei tahun 2013. Penentuan subjek penelitian tersebut menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Alat yang digunakan dalam teknik pengumpulan data ini adalah pedoman wawancara, pedoman dokumentasi dan pedoman observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah adalah analisis induktif. Adapun langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), unitilisasi dan kategorisasi data, penyajian data (display data) dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Guru PKn di SMA N 1 Cangkringan belum maksimal dalam memahami PKn sebagai pendidikan karakter; (2) Ada tiga belas nilai karakter yang telah dikembangkan dalam pembelajaran PKn di SMA N 1 Cangkringan. Nilai-nilai karakter tersebut yaitu religius, semangat kebangsaan, cinta tanah air, jujur, demokratis, toleransi, semangat kebangsaan, cinta damai, tanggung jawab, kerja keras, mandiri, dan disiplin. Sebagian besar Guru PKn di SMA N 1 Cangkringan sudah mengembangkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PKn; (3) Kegiatan pelaksanaan pembelajaran PKn sebagai pendidikan karakter di SMA N 1 Cangkringan sebagian besar sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Walaupun masih ada guru yang belum optimal dalam menerapkan Pendidikan Karakter. Kendala tersebut seperti pertama, kegiatan pembelajaran yang dilakukan di silabus dan RPP masih ada yang belum sesuai dengan kegiatan pembelajaran di kelas. Kedua, dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran terlalu banyak menggunakan metode ceramah yang membuat siswa tidak aktif di kelas, jadi pengembangan untuk menumbuhkan karakter siswa masih kurang; dan (4) Mata Pelajaran PKn memiliki pengaruh atau kontribusi yang cukup besar di SMA N 1 Cangkringan. Walaupun masih ada sebagian guru yang belum berhasil secara maksimal dalam mengembangkan karakter siswa melalui pembelajaran PKn. Kontribusi tersebut yaitu membangun siswa untuk menjadi lebih demokratis dan memiliki karakter pendidikan kewarganegaraan yang baik (good citizen). Kata Kunci: Pelaksanaan pembelajaran, pendidikan karakter, Pendidikan Kewarganegaraan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 00:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24145 |
Actions (login required)
View Item |