Pengembangan Science Education Guide Berbasis PCK (Pedagogy Content Knowledge) untuk Meningkatkan Pedagogy Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru IPA Sekolah Menengah Pertama

Susilowati, Susilowati and Purwanti Widhy H, M.Pd, - (2012) Pengembangan Science Education Guide Berbasis PCK (Pedagogy Content Knowledge) untuk Meningkatkan Pedagogy Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru IPA Sekolah Menengah Pertama. Artikel Penelitian Dosen Yunior Anggota Pusdi.

[img] Text
ARTIKEL LAPORAN NEW.docx

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan petunjuk praktikum pendidikan IPA (Science Education Guide) berbasis PCK (Pedagogical Content Knowledge) untuk mengetahui karakteristik dan kualitas petunjuk praktikum yang dikembangkan. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa IPA semester III yang mengikuti mata praktikum pendidikan IPA. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi produk petunjuk praktikum pendidikan IPA, lembar observasi kegiatan praktikum (workshop). Data akan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang layak digunakan setelah dinilai baik oleh ahli materi, dinilai baik oleh teman sejawat, dinilai sangat baik oleh guru IPA dan dinilai baik oleh mahasiswa. Karakteristik petunjuk praktikum pendidikan yang dikembangkan meliputi aspek pedagogical content knowledge yaitu analisis permasalahan pembelajaran (instructional problems), learner characteristic (analisis peserta didik), subject content identification with task analysis, analisis kompetensi, analisis materi, penyusunan, peta konsep, instructional ojectives specification, content sequencing, instructional strategics, plan instructional delivery (silabus, RPP), evaluation instrument, resource selection, teaching material selection.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Dosen Yunior Anggota Pusdi 2012
Uncontrolled Keywords: Pedagogical Content Knowledge, Science Education Guide
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:07
Last Modified: 29 Jul 2015 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24119

Actions (login required)

View Item View Item