PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN

Fauziah Hanum, Fathikah (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1.halaman awal.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB III.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.lampirann.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tahapan pemanfaatan internet dalam pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk mata pembelajaran Pkn, (2) kelayakan/kualitas media web, (3) efektivitas media web dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Pada penelitian ini semua tahap dilaksanakan. Tahap analysis adalah menganalisis masalah dan analisis komponen pembelajaran. Tahap design adalah penyusunan kerangka struktur media web, penentuan sistematika penyajian materi, ilustrasi, dan visualisasi, serta penulisan draf produk awal media web dan pembuatan story board. Tahap develop yaitu pembuatan dan perakitan halaman web. Tahap implement adalah memanfaatkan media web dalam kegiatan pembelajaran. Tahap evaluate dilakukan evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif berupa validasi dari ahli materi PKn dan ahli media serta penilaian dari guru PKn dan peserta didik untuk mengetahui kelayakan media web. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dengan menggunakan skala Likert kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Media web dikatakan layak apabila rata-rata hasil validasi dari ahli materi PKn, ahli media, dan penilaian guru serta tanggapan peserta didik minimal dalam kategori baik. Evaluasi sumatif dilakukan dengan mengadakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) pada subjek uji coba kelompok kecil (10 siswa kelas XI) untuk mengetahui efektivitas media web dalam meningkatkan hasil belajar PKn. Instrumen pengumpulan data adalah berupa soal tes dan dianalisis dengan statistik deskriptif juga yaitu dengan membandingkan nilai rerata pretest dan posttest serta dilakukan uji-t untuk mengetahui signifikansi perbedaan nilai pretest dan posttest. Media web dikatakan efektif apabila nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pretest dan terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) internet dapat dimanfaatkan dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis web di SMA N 1 Banguntapan melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi, (2) media web yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran PKn berdasarkan validasi ahli materi PKn, ahli media, dan penilaian peserta didik, kelayakannya termasuk dalam kategori baik, (3) media web yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar PKn berdasarkan tes hasil belajar pada uji coba kelompok kecil, terjadi peningkatan rerata nilai pretest (67,11) ke posttest (80,85), sehingga peningkatan mencapai 20,47%, serta peningkatan tersebut bisa dikatakan signifikan dengan t empirik 2,7636 yang bisa dikatakan signifikan. Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran PKn, media web

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:23
Last Modified: 30 Jan 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24108

Actions (login required)

View Item View Item