Socio-scientific Issues-based Instruction dalam Pelajaran Biologi Lingkungan dan Pengaruhnya terhadap Reflective Judgment dan Penguasaan Konsep Siswa

AGUNG, W. SUBIANTORO, M.Pd and Nuraeni, aeni (2012) Socio-scientific Issues-based Instruction dalam Pelajaran Biologi Lingkungan dan Pengaruhnya terhadap Reflective Judgment dan Penguasaan Konsep Siswa. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi lingkungan berbasis socio-scientific issues (SSI) terhadap kemampuan reflective judgment dan penguasaan konsep siswa kelas X Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah (MMM), Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-randomized control group pretest-posttest, melibatkan dua kelompok siswa masing-masing sebagai kelas perlakuan dan kelas kontrol. Dua sampel kelompok penelitian dipilih dari populasi siswa kelas X MMM yang ada. Variabel penelitian meliputi: 1) variabel perlakuan, yaitu strategi pembelajaran yang diterapkan pada masing-masing kelompok penelitian, 2) variabel tergayut yaitu perbedaan kemampuan reflective judgment dan penguasaan konsep antar kelompok penelitian, dan 3) proses pembelajaran yang berlangsung. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi perangkat pembelajaran, perangkat tes reflective judgment dengan tes persuasive essay assignment, perangkat tes penguasaan konsep, dan lembar pengamatan kegiatan pembelajaran. Data perbedaan kemampuan reflective judgment dianalisis secara deskriptif berdasarkan rubrik model reflective judgment dan secara statistik menggunakan uji anakova. Data perbedaan penguasaan konsep dianalisis menggunakan uji anakova. Sedang data proses pembelajaran dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemunculan ketiga kategori kemampuan reflective judgment yang diekspresikan baik oleh siswa kelas kontrol maupun kelas perlakuan. Namun demikian, hasil uji anakova dengan taraf signifikansi 0,00 menunjukkan perbedaan yang signifikan kemampuan reflective judgment antara kelas perlakuan dengan kelas kontrol. Hasil serupa juga diperoleh untuk kemampuan penguasaan konsep, dimana taraf signifikansi 0,00 menggambarkan perbedaan yang signifikan kemampuan konsep siswa kelas perlakuan dengan siswa kelas kontrol. Dengan demikian, pembelajaran biologi lingkungan berbasis socio-scientific issues (SSI) berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan reflective judgment dan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN DOSEN YUNIOR ANGGOTA PUSDI TAHUN ANGGARAN 2012
Uncontrolled Keywords: socio-scientific issues, biologi lingkungan, reflective judgment, penguasaan konsep, kelas X
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 29 Jul 2015 03:22
Last Modified: 29 Jul 2015 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24065

Actions (login required)

View Item View Item