PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAN DI SATUAN PENDIDIKAN MENENGAH (SMA-SMK) MENYONGSONG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Sugiharsono, Sugiharsono and Endra Murti, Sagoro, M.Sc and Barkah, Lestari, M.Pd. (2013) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAN DI SATUAN PENDIDIKAN MENENGAH (SMA-SMK) MENYONGSONG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
DR. SUGIHARSONO, M.SI_UNY_PUPT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa tujuan penelitian antara lain yaitu: 1) mengetahui persepsi guru dan kepala sekolah terhadap implementasi program pendidikan kewirausahaan di satuan pendidikan menengah (SMA-SMK) sesuai dengan kurikulum 2006 dilihat dari akreditasi sekolah, 2) mengetahui besarnya kesiapan guru dalam implementasi pogram pendidikan kewirausahaan dilihat dari pemahaman terhadap pendidikan kewirausahaan yang sesuai dengan kuikulum 2006 dilihat dari akreditasi sekolah, 3) mengetahui besarnya kesiapan guru dalam implementasi program pendidikan kewirausahaan dilihat dari pengintegrasian nilai-nilai kewirausahaan dalam perangkat pembelajaran (Silabus & RPP) yang sesuai dengan kuikulum 2006 dilihat dari akreditasi seklah, 4) mengetahui besarnya kesiapan sekolah dilihat dari sarana dan prasana yang diperlukan dalam implementasi program pendidikan kewirausahaan yang sesuai dengan kurikulum 2006, 5) mengetahui kendala yang dihadapi sekolah dalam implementasi program pendidikan kewirausahaan 6) mengetahui persepsi guru dan kepala sekolah terhadap implementasi program pendidikan kewirausahaan di satuan pendidikan menengah (SMA-SMK) sesuai dengan kurikulum 2013 dilihat dari akreditasi sekolah. Pengembangan model pendidikan kewirausahaa di satuan pendidikan menengah dalam penelitian ini menggunakan four-d model (Thiaragajan et.al, 1994). Tahap-tahap Four-D model meliputi tahap define, design, develop, dan desseminate. Dalam penelitian ini hanya sampai tahap yang ke tiga yaitu tahap develop. Pada penelitian pengembangan ini terdapat 16 sekolah dari masing-masing SMA dan SMK yang ada di DIY baik negeri maupun swasta. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan yaitu; 1) Persepsi guru dan kepala sekolah SMA dan SMK diperoleh skor guru SMA berakreditasi A sebesar 18,19 dan akreditasi B sebesar 17,85. Guru SMK akreditasi A sebesar 18,63 dan SMK akreditasi B sebesar 18,47. Skor kepala sekolah SMA akreditasi A sebesar 18,51 dan akreditasi B skor 18,46. Sedangkan untuk SMK akreditasi A 18,63 dan akreditasi B sebesar 18,56; 2) Kesiapan guru SMA-SMK dari pemahaman termasuk dalam kategori “sedang”. Dengan skor 5,60 SMA akreditasi A; 5,63 SMA akreditasi B; 5,59 SMK akreditasi A dan 5,58 SMK akreditasi B. 3) Kesiapan guru dilihat dari pengintegrasian nilai-nilai kewirausahaan dalam perangkat pembelajaran (silabus dan RPP) termasuk dalam kategori “sedang”, dengan skor untuk SMA akreditasi A dan B sebesar 13,61 dan 13,33. Perolehan skor SMK akreditasi A dan B sebesar 15,55 dan 15,17. 4) Kesiapan jika dilihat dari sarana dan prasarana termasuk dalam kategori “sedang” dengan skor SMA akreditasi A sebesar 33,33 dan akreditasi B sebesar 22,22. Sedangkan untk SMK akreditasi A sebesar 54,54 dan akreditasi B sbesar 16,66. 5) Kendala utama yang dihadapi di SMA yaitu kurangnya kemampuan guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam perangkat pembelajaran (83,33%) dan adanya keterbatasan waktu (83,33%). Sedangkan kendala utama yang dihadapi di SMK yaitu belum adanya dukungan dana dari sekolah (66,66%). 6) Persepsi guru dan kepala sekolah SMA dan SMK jika dilihat berdasarkan akreditasi sekolah terhadap implementasi program pendidikan kewirausahaan dalam menyongsong kurikulum 2013 termasuk dalam kategori “sedang”. Dengan perolehan skor untuk guru SMA berakreditasi A sebesar 17,89 dan SMA berakreditasi B dengan skor 17,35. Sedangkan untuk guru SMK berakreditasi A sebesar 18,12 dan SMK berakreditasi B sebesar 18,56. Sementara itu, persepsi kepala sekolah SMA berakreditasi A sebesar 18,03 dan SMA berakreditasi B dengan skor 17,64. Sedangkan untuk SMK berakreditasi A sebesar 18,23 dan SMK berakreditasi B sebesar 17,91.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI 2013
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kewirausahaan, SMA-SMK, Kurikulum 2013
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 29 Jul 2015 02:57
Last Modified: 29 Jul 2015 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24054

Actions (login required)

View Item View Item