Pengembangan Picture Book Sejarah Nasional dengan Pendekatan Tematik Terpadu untuk Kelas IV SD Negeri Percobaan 3 Pakem

Suwandi, Intan kurniasari (2015) Pengembangan Picture Book Sejarah Nasional dengan Pendekatan Tematik Terpadu untuk Kelas IV SD Negeri Percobaan 3 Pakem. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-intan-kurniasari-suwandi-12712251030.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan picture book sejarah nasional dengan pendekatan tematik terpadu dan (2) mengetahui keefektifan picture book sejarah nasional dengan pendekatan tematik terpadu untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri Percobaan 3 Pakem. Penelitian ini adalah Research & Development. Pengembangan produk menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Tahap penelitian dan pengembangan ini terdiri atas sembilan tahap, yaitu: (1) identify instructional goals, (2) conduct instructional analysis, (3) analyze learners and contexts, (4) write performance objectives, (5) develop assessment instrument, (6) develop instructional strategy, (7) develop and select instructional materials, (8) design and conduct formative evaluation of instruction, dan(9) revise instruction. Formative evaluation dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu: (1) one-to-one evaluation dengan seorang dosen ahli materi pembelajaran, seorang dosen ahli media pembelajaran, dan tiga peserta didik kelas IV B SD Negeri Percobaan 3 Pakem; (2) small-group evaluation yang melibatkan 20 peserta didik kelas IV B SD Negeri Percobaan 3 Pakem, dan (3) field trial evaluation yang melibatkan 28 peserta didik kelas IV A SD Negeri Percobaan 3 Pakem. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari pedoman wawancara, angket, lembar observasi, soal entry behaviour test, practice test, posttest, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa picture book sejarah nasional dengan judul “Kisah Pangeran Rendah Hati, Berani, dan Rela Berkorban” layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD. Kelayakan dilihat dari: (1) hasil penilaian ahli materi pembelajaran sebesar 80,00 (baik) dan ahli media pembelajaran sebesar 89,14 (sangat baik); (2) angket tanggapan peserta didik, yaitu pada tahap one-to-one evaluation sebesar 91,80 (sangat baik), small-group evaluation sebesar 90,31 (sangat baik), dan field trial evaluation sebesar 86,37 (sangat baik). Keefektifan dilihat dari: (1) hasil observasi penggunaan produk untuk pembelajaran di kelas small-group evaluation sebesar 100,00 (sangat baik) dan field trial evaluation sebesar 85,71 (sangat baik); (2) ketuntasan yang disimpulkan berdasarkan skor rata-rata posttest pada tahap one-to-one evaluation sebesar 86,67 (sangat baik), small-group evaluation sebesar 92,13 (sangat baik), dan field trial evaluation sebesar 89,53 (sangat baik). Dengan demikian, picture book sejarah nasional yang dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap perjuangan Pangeran Dipanegara serta perilaku positifnya, yaitu berani, mau menjalin kerjasama, suka menolong, pantang menyerah, rela berkorban, rendah hati, cerdik, dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan tematik terpadu, picture book sejarah nasional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:54
Last Modified: 09 May 2019 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24037

Actions (login required)

View Item View Item