Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Media Visual Interaktif pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 4 SD Negeri Paliyan IV Gunungkidul

Endarwati, Erni dwi (2015) Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Media Visual Interaktif pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 4 SD Negeri Paliyan IV Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erni-dwi-endarwati-13712259014.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat dengan media visual interaktif pada siswa kelas 4 SD Negeri Paliyan IV Gunungkidul. Fokus penelitian adalah peningkatan motivasi belajar dan peningkatan prestasi belajar siswa pada tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mengikuti tahapan–tahapan model Kemmis dan Taggart yaitu: perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 4 SD Negeri Paliyan IV Gunungkidul yaitu sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes, dan angket. Observasi, catatan lapangan dan dokumentasi untuk mengukur aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran serta prestasi belajar siswa untuk aspek sikap. Angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa. Tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Kriteria keberhasilan penelitian diukur dengan minimal: (1) 70% siswa mempunyai motivasi belajar dalam kategori minimal baik; (2) 75% siswa mempunyai prestasi belajar aspek sikap dalam predikat minimal baik, yaitu mempunyai nilai modus 3 dari semua aspek yang diamati; (3) 75% siswa telah tuntas pada prestasi belajar aspek pengetahuan dengan KKM 70; dan (4) 75% siswa telah mencapai prestasi belajar aspek keterampilan dalam kategori minimal baik, dengan KKM 68. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) persentase siswa yang mempunyai motivasi belajar dalam kategori minimal baik meningkat dari pratindakan yaitu sebesar 40% menjadi 70% pada akhir siklus I, dan 85% pada akhir siklus II; (2) persentase siswa yang mempunyai prestasi belajar aspek sikap dalam predikat minimal baik sebanyak 75% pada siklus I dan menjadi 90% pada akhir siklus II; (3) persentase siswa yang mencapai KKM aspek pengetahuan pada pra tindakan sebanyak 45%, pada akhir siklus I menjadi 75% dan pada 85% akhir siklus II; dan (4) siswa yang mencapai KKM aspek keterampilan pada pratindakan sebanyak 35%, pada siklus I menjadi 70% dan pada akhir siklus II menjadi 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual interaktif dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya seluruh kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi, prestasi belajar, operasi hitung, bilangan bulat, mediavisual interaktif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:54
Last Modified: 09 May 2019 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24031

Actions (login required)

View Item View Item