Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Kelas I & IV SD Di Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015

Noviatmi, Andri (2015) Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Kelas I & IV SD Di Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-andri-noviatmi-13712259001.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Magelang masih menemui banyak kendala pada awal pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi kurikulum 2013 kelas I & IV SD di Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2014/2015. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan informasi yang berupa data komponen implementasi kurikulum untuk kemudian dibandingkan dengan standar dari Kemdikbud. Komponen implementasi kurikulum yang dievaluasi meliputi: (1) kondisi siswa, (2) kondisi guru, (3) pemahaman kurikulum, (4) kondisi sarana prasarana, (5) perencanaan pembelajaran, (6) pelaksanaan pembelajaran tematik integratif berbasis saintifik, (7) pelaksanaan penilaian autentik, dan (8) hasil penilaian autentik. Model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi Countenance Stake. Populasi terdiri dari 10 sekolah pilotting Kurikulum 2013. Subjek penelitian dengan purposive sampling yaitu kepala sekolah, guru dan siswa kelas I & IV. Instrumen yang digunakan yaitu angket, lembar observasi, dan lembar dokumentasi. Uji coba instrumen angket dilakukan di sekolah pilotting K13 jenjang kelas II & V. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi siswa untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 berkategori baik (54,9%), kondisi guru untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 berkategori baik (57,8%), pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 berkategori baik (62,2%), perencanaan pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013 berkategori sangat baik (85%), pelaksanaan pembelajaran tematik integratif berbasis saintifik dalam implementasi Kurikulum 2013 berkategori sangat baik (90%), pelaksanaan penilaian autentik dalam implementasi Kurikulum 2013 berkategori baik (53,3%), dan hasil penilaian autentik dalam implementasi Kurikulum 2013 berkategori sangat baik (100%). Hasil penelitian menunjukkan belum semua komponen memenuhi standar. Oleh karena itu, peneliti memberikan rekomendasi terhadap komponen implementasi kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, implementasi kurikulum, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:54
Last Modified: 09 May 2019 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24022

Actions (login required)

View Item View Item