PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN EKONOMI KREATIF BERBASIS KARAKTER SEBAGAI BRIDGING COURSE PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI

Marzuki, - and Sri, Sumardiningsih (2013) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN EKONOMI KREATIF BERBASIS KARAKTER SEBAGAI BRIDGING COURSE PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI. Artikel Penelitian Unggulan PT.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) Mengetahui tingkat kreativitas mahasiswa UNY pada implementasi model pendidikan ekonomi kreatif berbasis karakter sebagai bridging course mata kuliah kewirausahaan di perguruan tinggi, 2) mengetahui perbedaan tingkat kreativitas mahasiswa yang diberi intervensi model pendidikan ekonomi kreatif sebagai bridging course mata kuliah kewirausahaan dengan mahasiswa yang tidak diberi intervensi model pendidikan ekonomi kreatif sebagai bridging course mata kuliah kewirausahaan, 3) mengetahui efektivitas model pendidikan ekonomi kreatif sebagai bridging course mata kuliah kewirausahaan dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa di UNY, 4) mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat penerapan model pendidikan ekonomi kreatif sebagai bridging course mata kuliah kewirausahaan di UNY, dan 5) menemukan hasil penyempurnaan master model pendidikan ekonomi kratif sebagai bridging course mata kuliah kewirausahaan yang efektif dalam meningkat kreativitas mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan Four-D Model yang terdiri atas empat tahap, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate, namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap yang ke tiga. Penelitian ini dilakukan di UNY. Subjek penelitiannya adalah dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan dan mahasiswa yang mengikuti kuliah kewirausahaan. Teknik pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi, instrumen, dan observasi. Teknik analisis datanya adalah teknik analisis diskriptif dengan menggunakan tabel dan teknik analisis Cohen’s Kappa serta teknik uji beda rata-rata (independent t-test). Hasil penelitian ini adalah: 1) kreativitas mahasiswa UNY sebelum diberi intervensi model pendidikan ekonomi kreatif tergolong masih rendah sedangkan setelah diberi intervensi model pendidikan ekonomi kreatif, kreativitas mahasiswa menjadi lebih baik; 2) terdapat perbedaan antara kreativitas mahasiswa kelas control dan kelas eksperimen dimana kreativitas mahasiswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; 3) model pendidikan ekonomi kreatif sebagai bridging course mata kuliah kewirasuahaan terbukti efektif dalam meningkatan kreativitas mahasiswa dan model ini terbukti lebih cepat dalam menaikkan kreativitas mahasiswa; 4) ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pendidikan ekonomi kreatif sebagai bridging course mata kuliah kewirausahaan di UNY; dan 5) model pendidikan ekonomi kreatif berbasis karakter sebagai bridging course mata kuliah kewirausahaan di peguruan tinggi yang telah sempurna adalah model yang telah disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran, keahlian, dan komptensi tiap pogram studi di UNY.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN AKHIR PENELITIAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI 2013
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, ekonomi, kreatif, karakter, bridging course, dan kewirausahaan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 29 Jul 2015 01:30
Last Modified: 29 Jul 2015 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24008

Actions (login required)

View Item View Item