Viqraizin, Victy Vidaya (2015) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri se-Kecamatan Gondokusuman yang berjumlah 286 dengan sampel berjumlah 165 guru. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner terdiri atas 95 butir. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 30 guru. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan teknik expert judgment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang yang dilakukan adalah uji linieritas, normalitas dan heterokedastisitas. Uji heteroskedastisitas menggunakan pola grafis regresi, grafik tersebut terlihat bahwa titik-titik menyebar secara acak dan menyebar diatas dan dibawah angka nol (sumbu Y) sehingga tidak terjadi heteroskedasitas. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan: 1) kompetensi pedagogik berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan sumbangan 11,28%, 2) kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan sumbangan sebesar 6,32%, 3) kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan sumbangan sebesar 17,6%. Kata kunci : kompetensi pedagogik, kepuasan kerja, kinerja guru
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Aspek Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 07:50 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23979 |
Actions (login required)
View Item |