Maulana, Fahrul (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP DIALOGUE AND CRITICAL THINKING (DDCT) PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR PKN KELAS X SMA NEGERI 3 CIREBON. S1 thesis, UNY.
|
Text
Abstrak.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
Cover Lampiran.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
Persembahan.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
Persetujuan.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
Surat Pernyataan.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 3 Cirebon antara menggunakan model pembelajaran berbasis DDCT dengan metode konvensional; dan (2) Perbedaan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Cirebon antara menggunakan model pembelajaran berbasis DDCT dengan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi exsperimen (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Cirebon. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara Simple Random Sampling, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes prestasi belajar. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Kuder Richardson KR-21. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 3 Cirebon antara menggunakan model pembelajaran berbasis DDCT dengan metode konvensional. Kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis DDCT lebih tinggi daripada yang menggunakan metode konvensional dengan uji t taraf signifikansi 5% (0.000<0.05) diperoleh nilai ݐ݄݅ݐݑ݊݃ = 9,489 dan ݐݐܾ݈ܽ݁ൌ 2.000. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Cirebon antara menggunakan model pembelajaran berbasis deep dialogue and critical thinking (DDCT) dengan metode konvensional. Prestasi belajar yang menerapkan model pembelajaran berbasis DDCT lebih tinggi daripada yang menggunakan metode konvensional dengan uji t taraf signifikansi 5% (0.000<0.05) diperoleh ݐ݄݅ݐݑ݊݃ = 4,202 dan ݐݐܾ݈ܽ݁ൌ 2.000. Kata Kunci: Model Pembelajaran berbasis deep dialogue and critical thinking (DDCT), Metode Konvensional, Kemampuan berpikir kritis, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 00:18 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23974 |
Actions (login required)
View Item |