EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP DIALOGUE AND CRITICAL THINKING (DDCT) PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR PKN KELAS X SMA NEGERI 3 CIREBON

Maulana, Fahrul (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP DIALOGUE AND CRITICAL THINKING (DDCT) PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR PKN KELAS X SMA NEGERI 3 CIREBON. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Lampiran.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Persembahan.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Persetujuan.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 3 Cirebon antara menggunakan model pembelajaran berbasis DDCT dengan metode konvensional; dan (2) Perbedaan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Cirebon antara menggunakan model pembelajaran berbasis DDCT dengan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi exsperimen (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Cirebon. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara Simple Random Sampling, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes prestasi belajar. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Kuder Richardson KR-21. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 3 Cirebon antara menggunakan model pembelajaran berbasis DDCT dengan metode konvensional. Kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis DDCT lebih tinggi daripada yang menggunakan metode konvensional dengan uji t taraf signifikansi 5% (0.000<0.05) diperoleh nilai ݐ݄݅ݐݑ݊݃ = 9,489 dan ݐݐܾ݈ܽ݁ൌ 2.000. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Cirebon antara menggunakan model pembelajaran berbasis deep dialogue and critical thinking (DDCT) dengan metode konvensional. Prestasi belajar yang menerapkan model pembelajaran berbasis DDCT lebih tinggi daripada yang menggunakan metode konvensional dengan uji t taraf signifikansi 5% (0.000<0.05) diperoleh ݐ݄݅ݐݑ݊݃ = 4,202 dan ݐݐܾ݈ܽ݁ൌ 2.000. Kata Kunci: Model Pembelajaran berbasis deep dialogue and critical thinking (DDCT), Metode Konvensional, Kemampuan berpikir kritis, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:18
Last Modified: 30 Jan 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23974

Actions (login required)

View Item View Item