PENGEMBANGAN MODEL SOSIOCULTURAL BASED NARRATIVE PADA KOMPETENSI WRITING MATA KULIAH BAHASA INGGRIS DI PGSD

Ali, Muhtadi and SUMARDI, SUMARDI (2013) PENGEMBANGAN MODEL SOSIOCULTURAL BASED NARRATIVE PADA KOMPETENSI WRITING MATA KULIAH BAHASA INGGRIS DI PGSD. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Dr. Ali Mustadi, M.Pd_Laporan Penelitian.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model Sosiocultural Based Narrative pada kompetensi Writing mata kuliah bahasa Inggris di PGSD. Pembelajaran Bahasa Inggris di PGSD sebagai mata kuliah hakikatnya bertujuan untuk memberikan keterampilan berbahasa secara aktif (Communicative English) yaitu bagaimana membelajarkan mahasiswa untuk menguasai kompetensi komunikatif (Communicative Competence) untuk memenuhi kebutuhan sebagai calon guru di masa yang akan datang. Selain itu, pembelajaran bahasa Inggris di PGSD diharapkan bisa mengakomodasi potensi sosiokultural yang ada di lingkungan sekitar mahasiswa. Dari paparan tersebut, permasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain model sosiocultural based narrative pada kompetensi writing mata kuliah bahasa inggris yang layak bagi mahasiswa PGSD. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan desain model sosiocultural based narrative pada kompetensi writing mata kuliah bahasa inggris bagi mahasiswa PGSD. Desain penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Dalam pelaksanaannya, penelitian ini akan dijabarkan dalam 4 tahap kegiatan, yaitu: tahap explorasi, tahap pengembangan model, tahap pengujian model, dan tahap revisi dan validasi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, penilaian produk, observasi, dan angket Subjek penelitian yaitu dosen dan mahasiswa PGSD semester I tahun ajaran 2013/2014. Model analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Uji coba model dilakukan dalam 2 tahap, yaitu uji model 1 dan uji model 2. Model pengembangan materi ajar yang dihasilkan dalam penelitian ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa sebagai calon guru SD di masa yang akan datang dan mengakomodasi potensi sosiokultural di lingkungan kehidupan mahasiswa.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan PT 2013
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:30
Last Modified: 28 Jul 2015 04:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23934

Actions (login required)

View Item View Item