PENGEMBANGAN MEDIA BLOG SEJARAH SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ajat, Sudrajat and Zulkarnain, Zulkarnain (2013) PENGEMBANGAN MEDIA BLOG SEJARAH SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Artikel Penelitian Unggulan PT.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PENELITIAN UNGGULAN PROF AJAT 2013.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana langkah-langkah pengembangan media blog sejarah sebagai media pembelajaran sejarah di SMA, (2) mengetahui bagaimana efektivitas media blog sejarah dalam pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) tahap pendahuluan yang meliputi kegiatan pengumpulan informasi terkait dengan arti penting media blog sejarah sebagai media pendukung pembelajaran, (2) tahap desain media blog dan strategi implementasi media sebagai pengembangan bentuk produk awal, (3) tahap uji coba, evaluasi dan revisi melalui implementasi pembelajaran sejarah di SMA, dan (4) tahap implementasi dan pembinaan berkelanjutan dalam implementasi media blog sebagai media alternatif pembelajaran sejarah. Pada tahun 1 sampel sekolah diambil 1 sekolah yakni SMA N 5 Yogyakarta yang dianggap representatif mewakili berbagai klasifikasi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik, angket, wawancara, observasi, teknik dokumentasi, dan diperkuat dengan FGD. Validitas data menggunakan validasi ahli, sementara keabsahan data kualitatif divalidasi dengan teknik triangulasi dan informant review. Sedangkan analisis data kuantitatif dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan data kualitatif dengan model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) langkah-langkah pengembangan blog sebagai media pembelajaran sejarah di SMA melalui: a) studi pendahuluan untuk mengkonstruksi kerangka teoritik, b) merencanakan dan menyusun blog beserta perangkatnya melalui FGD dan validasi ahli, c) melakukan uji coba terbatas di 1 SMA, evaluasi dan revisi blog. 2) Melalui uji coba terbatas pada 1 sekolah yakni SMA N 5 Yogyakarta, menunjukkan media blog efektif bagi pembelajaran sejarah. Uji coba blog menunjukkan bahwa media blog efektif dengan rerata skor pre tes sebesar 78,57 dan pos tes sebesar 93,71. Dengan demikian peran media blog dalam pembelajaran sejarah sebesar 15,14 persen. Sedangkan hasil penilaian blog sendiri yang menyangkut blog dan materi menunjukkan data sebagai berikut. Penilaian ahli terhadap kelayakan blog menunjukkan rerata skor 4,03 yang termasuk dalam kategori baik. Sedangkan penilaian ahli terhadap materi pembelajaran sejarah menunjukkan rerata skor 3,79 yang termasuk juga dalam klasifikasi baik. Adapun penilaian siswa terhadap kelayakan blog menunjukkan rerata skor 3,94 yang termasuk dalam kategori baik. Sedangkan penilaian siswa terhadap materi pembelajaran sejarah menunjukkan rerata skor 3,85 yang termasuk juga dalam klasifikasi baik.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI 2013
Uncontrolled Keywords: pembelajaran sejarah, media blog, dan Sekolah Menengah Atas
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:00
Last Modified: 28 Jul 2015 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23929

Actions (login required)

View Item View Item