PEMANFAATAN PUMICE BREKSIA SEBAGAI MATERIAL UTAMA MORTAR INSTANT PEREDAM PANAS UNTUK MENDUKUNG TEKNOLOGI BAHAN BANGUNAN GEDUNG RAMAH LINGKUNGAN

Agus, Santoso and Sumarjo, H and Faqih, Ahmad (2013) PEMANFAATAN PUMICE BREKSIA SEBAGAI MATERIAL UTAMA MORTAR INSTANT PEREDAM PANAS UNTUK MENDUKUNG TEKNOLOGI BAHAN BANGUNAN GEDUNG RAMAH LINGKUNGAN. Artikel Penelitian Unggulan PT.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_PENELITIAN UNGGULAN_AGUS_SANTOSO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk meminimalisir dampak negatif konsumsi energi listrik di dalam gedung maka telah dikembangkan konsep bangunan ramah lingkungan (green building) dengan meminimalisir kebutuhan penerangan buatan dan penyejuk udara. Dewasa ini, keberadaan penyejuk udara sudah menjadi kebutuhan standar di berbagai jenis bangunan gedung. Untuk meminimalisir kebutuhan penyejuk udara ini, perlu dikembangkan material dinding yang mampu meredam rambatan panas dari luar ruangan yang akan masuk ke dalam ruangan. Untuk mengembangkan material dinding peredam panas ini, diperlukan pengembangan material yang memiliki daya hantar panas yang cukup kecil. Pada umumnya, bahan bangunan yang meyimpan banyak pori dan memiliki berat jenis ringan akan memiliki nilai daya hantar panas yang lebih rendah pula. Oleh karena itu, saat ini telah banyak dikembangkan material berbasis agregat ringan. Agregat ringan dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu; agregat ringan alami dan buatan. Kriteria agregat ringan struktural telah ditetapkan secara jelas dalam ASTM 330 bahwa bobot isi kering gembur tidak boleh melampaui 880 kg/m 3 dan berat jenis agregat tidak boleh melampaui 2000 kg/m 3 . Hasil penelitian pada tahun pertama ini menunjukkan bahwa besarnya pengujian kuat tekan efektif pada MN1; MNP2 dan MP1 berturut turut sebesar 5,23MPa; 3,39MPa; 4,01MPa. Sedangkan pada pengujian kuat tarik belah efektif pada benda uji MN1; MNP2 dan MP1 berturut-turut sebesar 0,16MPa; 0,1MPa dan 0,12MPa. Pada pengujian daya serap air terbesar benda uji MN1; MNP2 dan MP3 berturut-turut sebesar 10,56%; 14,03% dan 42,73%. Pda pengujian berat jenis MN1; MNP2 dan MP3 berturut-turut sebesar 2,13gr/cm 3 ; 1,91gr/cm 3 dan 1,56gr/cm .

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan PT 2013
Uncontrolled Keywords: mortar instant, kuat tekan dan tarik, daya serap air dan berat jenis
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 28 Jul 2015 03:39
Last Modified: 28 Jul 2015 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23925

Actions (login required)

View Item View Item