PEMANFAATAN CANDI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN

Rahmawati Duhri, Desi (2014) PEMANFAATAN CANDI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1.Bagian Depan.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB I.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB II.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB III.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB IV.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.Ringkasan.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) intensitas para guru SMP di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman memanfaatkan candi sebagai sumber belajar IPS; (2) Strategi para guru SMP di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman memanfaatkan candi sebagai sumber belajar IPS; (3) Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan candi di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman sebagai sumber belajar IPS di SMP; (4) Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan candi di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman sebagai sumber belajar IPS di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. Sumber data diperoleh dari guru IPS SMP di Kecamatan Kalasan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas oleh para ahli (expert judgment). Teknik analisis data secara statistik deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) intensitas pemanfaatan candi sebagai sumber belajar masih jarang (61,11%). 2) Strategi pemanfaatan candi sebagai sumber belajar IPS di SMP Kecamatan Kalasan dapat dilakukan dengan cara survey, field trip, dan mengundang narasumber. Guru IPS SMP di Kecamatan Kalasan dalam memanfaatkan candi banyak menggunakan strategi survey dengan persentase 77,78%. 3) Faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan candi sebagai sumber belajar IPS adalah dukungan sekolah, sikap, keterampilan dan kemauan guru, dan keluwesan atau fleksibilitas dalam penggunaannya. 4) Faktor yang menghambat pemanfaatan candi oleh guru adalah kesesuaian dengan alokasi waktu dan biaya. Kata kunci: pemanfaatan, candi, sumber belajar, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:15
Last Modified: 29 Jul 2015 06:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23898

Actions (login required)

View Item View Item