Sekar Murwidarsih, Caecara (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING (DD/CT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIIC SMPN 2 PLERET BANTUL. S1 thesis, UNY.
|
Text
1.HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
3.BAB I.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB II.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
5.BAB III.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
6.BAB IV.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
7.BAB V.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
8.LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKASAN SKRIPSI.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
JURNAL.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) di kelas VII C SMPN 2 Pleret Bantul. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) di kelas VII C SMPN 2 Pleret. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMPN 2 Pleret Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Keabsahan data dapat diketahui melalui triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif model Miles dan Huberman mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Upaya meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS di kelas VII C SMPN 2 Pleret Bantul dapat dilakukan menggunakan model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking disertai dengan lembar kerja bergambar dan pemberian motivasi berupa penghargaan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan catatan lapangan, terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan tiap indikator kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci: minat belajar, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran IPS, model pembelajaran deep dialogue/critical thinking.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 06:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23879 |
Actions (login required)
View Item |