PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JOGONALAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Marlina, Tya (2015) PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JOGONALAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Kesulitan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2014/2015; (2) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Kesulitan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2014/2015; (3) Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Kesulitan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2014/2015; dan (4) Pengaruh Konsentrasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Metode Pembelajaran terhadap Kesulitan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah 102 siswa dari 136 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2014/2015dan perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan data untuk seluruh variabel penelitian adalah dengan menggunakan angket. Uji prasyarat analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan Konsentrasi Belajar terhadap Kesulitan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2014/2015, dengan persamaan regresi Y= 70,170 + (Y= 70,170 + (Y= 70,170 + (Y= 70,170 + (Y= 70,170 + (Y= 70,170 + (-0,473)X1,nilai nilai nilai r2x1y= 0,288, nilai thitung absolut (6,366)> ttabel(1,984), nilai signifikansi (0,000) <α (0,050); (2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Kesulitan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan persamaan regresi Y= 62,176 + (Y= 62,176 + (Y= 62,176 + (Y= 62,176 + (Y= 62,176 + (Y= 62,176 + (Y= 62,176 + (-0,161)X0,161)X2, nilainilainilair2x2y= 0,044, nilai thitung absolut (2,194) > ttabel (1,984), nilai signifikansi (0,017) < α (0,050); (3) Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan Metode Pembelajaran terhadap Kesulitan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan persamaan regresi Y= 46,804 + 0,086X46,804 + 0,086X46,804 + 0,086X46,804 + 0,086X46,804 + 0,086X3, nilai , nilai , nilai , nilai r2x3y= 0,008, nilai thitung absolut (0,880) < ttabel (1,984), nilai signifikansi (0,1905) < α (0,050); dan (4) Terdapat pengaruhsignifikan Konsentrasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan MetodePembelajaran terhadap Kesulitan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan persamaan regresi Y = 73,772 + Y = 73,772 + Y = 73,772 + Y = 73,772 + (-0,442)X0,442)X1 + (+ (+ (-0,132)X0,132)X2 + 0,070X+ 0,070X+ 0,070X3,nilai R2y(1,2,3) sebesar 0,312 dan nilai Fhitung (14,813) > Ftabel (2,697). Kata kunci: Konsentrasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Metode Pembelajaran, Kesulitan Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23839

Actions (login required)

View Item View Item