PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU(PPG) PADA MAHASISWA DI FAKULTAS EKONOMI UNY

Lufitasari, Verra Yuninda (2015) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU(PPG) PADA MAHASISWA DI FAKULTAS EKONOMI UNY. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VERRA Y.L (11404244010).pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya terhadap minat untuk mengikuti PPG Pada Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY angkatan 2012-2013 baik kependidikan maupun non kependidikan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 266 responden diambil dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat untuk mengikuti PPG. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap minat untuk mengikuti PPG. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap minat untuk mengikuti PPG. Sumbangan Relatif (SR) lingkungan keluarga sebesar 70,8% dan lingkungan teman sebaya sebesar 29,2% terhadap minat untuk mengikuti PPG. Sementara itu, Sumbangan efektif (SE) variabel lingkungan keluarga sebesar 30,44% dan variabel lingkungan teman sebaya sebesar 12,55% terhadap minat untuk mengikuti PPG. Besarnya Sumbangan Efektif (SE) dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 42,99% sedangkan sisanya sebesar 57,01% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23802

Actions (login required)

View Item View Item