KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD N POJOK KABUPATEN SLEMAN

Salamah, Umi (2015) KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD N POJOK KABUPATEN SLEMAN. PGSD.

[img]
Preview
Text
Umi Salamah_11108241146.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan kesiapan guru kelas di SD N Pojok dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Fokus penelitian adalah kesiapan guru kelas dalam pembelajaran dan penanganan terhadap anak berkebutuhan khusus di SD N Pojok. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 orang guru kelas I-VI SD N Pojok. Objek penelitian adalah kesiapan guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus di SD N Pojok. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif dari Miles & Hubberman dengan langkah-langkah : reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan (verifikasi). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yang membandingkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas di SD N Pojok kurang siap dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Hal tersebut dipengaruhi faktor internal (kondisi fisik, mental, dan emosional; motivasi untuk meningkatkan pengalaman; serta kematangan) maupun faktor eksternal (keterampilan, pengetahuan; kecerdasan; kompetensi profesional; serta pengertian lain yang telah dipelajari). Bentuk kesiapan guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus di SD N Pojok meliputi : (1) Menguasai kemampuan dasar dalam menangani anak berkebutuhan khusus; (2) Memiliki kemampuan dalam melaksanakan proses pembelajaran; (3) Memotivasi anak berkebutuhan khusus untuk berinteraksi dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran; (4) Memberikan pujian dan penghargaan bagi anak berkebutuhan khusus; (5) Membantu anak berkebutuhan khusus untuk memfokuskan perhatiannya; (6) Menjabarkan dan menjelaskan; serta (7) Membantu anak dalam mencapai disiplin diri. Kata kunci : kesiapan guru kelas, anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:50
Last Modified: 07 Sep 2015 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23777

Actions (login required)

View Item View Item