HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL, KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN DISIPLIN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA

Onya, Arilia (2012) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL, KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN DISIPLIN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-ONYA Onya Arilia-07401241037.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional dengan motivasi belajar PKn, (2) Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dengan motivasi belajar PKn, (3) Hubungan antara persepsi siswa tentang disiplin guru dengan motivasi belajar PKn, (4) Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, dan disiplin guru dengan motivasi belajar PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kota Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 yaitu 3412 siswa. Teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling, ukuran sampel ditentukan dengan tabel Isaac dan Michael taraf signifikansi 5%, diperoleh sampel 317 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angket. Uji validitas instumen menggunakan korelasi Product Moment dan dikoreksi analisis Part Whole Correlation dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cornbach. Uji prasayarat analisis meliputi uji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov, dan uji linieritas menggunakan regresi linier sederhana. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product-moment untuk menguji hipotesis pertama, kedua dan ketiga. Hipotesis keempat menggunakan analisis koefisien ganda tiga prediktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar PKn, dengan nilai r hitung (0,459) > r tabel (0,113) signifikan pada taraf signifikansi 5% dengan N= 317, (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar PKn, nilai r hitung (0,508) > r tabel (0,113) signifikan pada taraf signifikansi 5% dengan N= 317, (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang disiplin guru dengan motivasi belajar PKn, dengan nilai r hitung (0,489) > r tabel (0,113) signifikan pada taraf signifikansi 5% dengan N= 317, (4) ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, dan disiplin guru dengan motivasi belajar PKn dengan harga F hitung (57,356) > F tabel (2,62) pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan 3/313. Sumbangan Relatif dari persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru sebesar 19,4%, persepsi siswa kompetensi pedagogik guru 43,2% dan persepsi siswa tentang disiplin guru adalah 37,4%. Total Sumbangan Efektif adalah 35,5 %, persepsi siswa tentang kompetensi profesional menyumbang 6,9%, persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik 5,3% dan persepsi siswa tentang disiplin guru 13,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:13
Last Modified: 30 Jan 2019 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23770

Actions (login required)

View Item View Item