Damayanti (2014) PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE ILMIAH DAN METODE CERAMAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (890kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V + DAFTAR PUSTAKAf.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembentukan karakter tanggung jawab siswa antara yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ilmiah dengan penggunaan metode ceramah dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi eksperimen (eksperimen semu), randomized pre-test, post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Perindustrian Yogyakarta kelas X sebanyak 4 kelas yang berjumlah 78 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara sampel acak, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (20 siswa) dan kelompok kontrol (21 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah ada perbedaan pembentukan karakter tanggung jawab siswa antara yang diajar menggunakan metode pembelajaran ilmiah dengan penggunaan metode ceramah dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari nilai t 2,849 dan nilai dengan db 39 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,007. Nilai atau Nilai p lebih kecil dari 0,05 (p= 0,007< 0,05). Kata Kunci: Metode Ilmiah, Metode Ceramah, Karakter Tanggung jawab, PKn
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
| Date Deposited: | 24 Jul 2015 03:24 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 01:16 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
