PENGEMBANGAN MODEL PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMA

Sugirin, Ph.D. and Agus, Widyantoro and Siti, Sudartini, M.A. (2013) PENGEMBANGAN MODEL PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMA. Artikel Penelitian Stranas.

[img]
Preview
Text
Untitled1.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Inggris di SMA. Secara keseluruhan tujuan penelitian yang terbagi dalam tiga tahun ini, yakni: (1) Tahun pertama bertujuan untuk mengidentifikasi pola-pola insersi budaya Barat pada buku ajar bahasa Inggris di SMA dan penyusunan rancangan model buku ajar; (2) Tahun kedua bertujuan untuk mengembangkan model buku ajar bahasa Inggris; dan (3) tahun ketiga bertujuan untuk diseminasi model buku ajar dan pengembangan model sistem pembelajaran bahasa Inggris di SMA yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development modelnya Gall, Gall, dan Borg (2003). Adapun langkah-langkah prosedurnya adalah: Tahun pertama, mencakup dua kegiatan besar, yakni studi pendahuluan ( define) dan perancangan (design), yang secara umum berisi dua kegiatan besar yakni: identifikasi pola-pola insersi budaya Barat pada buku ajar bahasa Inggris dan penyusunan rancangan awal model buku ajar. Tahun ke-2 merupakan tahapan pengembangan (development), yakni pengembangan buku ajar dan validasi ( validate). Tahun ke-3 merupakan tahapan pengembangan untuk produk kedua, yakni model sistem pembelajaran bahasa Inggris di SMA dan diseminasi hasil pengembangan buku ajar. Berdasarkan identifikasi kebutuhan yang telah dilakukan sebelumnya (pada penelitian tahun pertama), pada tahap kedua penelitian ini telah berhasil disusun model buku ajar bahasa Inggris untuk SMA kelas X yang mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter. Model buku ajar ini secara kesuluruhan terdiri atas tujuh unit dan tiap unit memiliki diberi topik sesuai dengan konten kebahasaan yang hendak diajarkan. Selain itu, berdasarkan hasil analisis kuesioner yang diberikan kepada siswa dan juga guru menunjukkan bahwa secara umum dapat dikatakan model buku ajar bahasa Inggris yang dikembangkan sesuai dengan kemampuan kebahasaan siswa dan dapat membantu siswa dalam belajar bahasa Inggris dan sekaligus bisa mengenalkan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Strategis Nasional 2013
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, pembelajaran, bahasa Inggris, buku ajar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:39
Last Modified: 23 Jul 2015 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23713

Actions (login required)

View Item View Item