Model Pendidikan Wirausaha Berbasis Potensi Otak Kanan dan Alam Bawah Sadar untuk menghasilkan Wirausaha Kreatif dengan Produk Kompetetif

Moerdiyanto, Dr., M.Pd. and Sutiyono, Dr., M.Hum. and Subiyono, Drs., M. P. (2013) Model Pendidikan Wirausaha Berbasis Potensi Otak Kanan dan Alam Bawah Sadar untuk menghasilkan Wirausaha Kreatif dengan Produk Kompetetif. Artikel Penelitian Stranas.

[img] Text
ARTIKEL STRAGNAS 2013.doc

Download (243kB)

Abstract

Tujuan jangka panjang pertama meningkatkan kuantitas dan kualitas wirausaha kreatif, kedua meningkatkan kuantitas dan kualitas daya saing produk industri kreatif. Target luaran Tahun I adalah mewujudkan model pendidikan wirausaha berbasis otak kanan dan alam bawah sadar yang menghasilkan wirausaha kreatif dengan produk yang kompetif.. Sedangkan target luaran pada tahun ke II. yang ingin dicapai , pertama membentuk wirausaha industri kreatif yang kreatif yang memiliki mindset dan spiritual bisnis yang positip , dan yang kedua mewujudkan kuantitas dan kualitas produk kreatif yang kompetetif . Wirausaha kreatif yang dipilih adalah wirausaha kreatif industri kreatif: periklanan, arsitektur, pasar seni dan barang antic, kerajinan, desain, model ( fashion ), film video photografi, permainan interaktif, musik, seni pertunjukkan , penerbitan dan percetakan, layanan computer dan piranti lunak, , radio dan televise, riset dan pengembangan.di wilayah DIY, Jateng, Jatim, Jabar dan DKI. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan Research and Design. Pada tahun pertama, pertama ; menganalisis masukan – masukan sub. komponen model untuk menentukan teknik , prosedur, proses afirmasi visualisasi dan hypnocreative yang cocok, yang kedua mencari masukan – masukan dari Disperindag, pakar kewirausahaan dari perguruan tinggi , peneliti dari Fakultas Ekonomi , pelaku industri kreatif, Dinas Pariwisata, Dinas Tenaga kerja, wirausaha sukses, konsultan bisnis, motivator bisnis dan para ahli ( Praktisi ) yang terkait dengan pendidikan otak kanan & alam bawah sadar untuk membentuk sistem model, , ketiga planning model, Forum Group Diskusi, revisi dan penyempurnaan I, uji coba terbatas, revisi dan penyempurnaan II.. Teknik analisis data tahun pertama adalah analisis sistem.dan analisis deskriptif. . Hasil tahun I, sistem model meliputi : peserta, materi pendidikan ( dasar teori, teori utama dan penunjang ), metode, strategi ( 80 % praktek & 20 % teori dan metafora, yang penyampaianya berbasis praktek., pemateri ( dengan perbandingan 1 instruktur : 15 peserta ), tempat sarana dan prasarana, pendampingan dan monitoring , evaluasi , penjadwalan, tolok ukur keberhasilan, Undangan dan Pendaftaran., materi yang wajib dikuasai instruktur adalah : otak kanan, alam bawah sadar, gelombang otak, critical factor, afirmasi, visualisasi, law of attraction., metafora, hypnosis, NLP, keyakinan, mindset dan spiritual. dan materi yang diperoleh dan diterapkan peserta : pengetahuan dan ketrampilan afirmasi, visualisasi, hypnocreartivepreneur, keyakinan, mindset dan spiritual . Kecuali itu peserta dapat menularkan ilmu pengetahuan yang diperto;eh kepada keluarganya atau karyawannya.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Strategis Nasional 2013
Uncontrolled Keywords: Otak kanan dan alam bawah sadar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 23 Jul 2015 02:52
Last Modified: 23 Jul 2015 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23681

Actions (login required)

View Item View Item