TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN FASILITAS KOLAM RENANG ALAM TIRTA YONIF 412 KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH

Edhi Cahyo Rohmadi (2015) TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN FASILITAS KOLAM RENANG ALAM TIRTA YONIF 412 KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pelanggan dan pelayanan fasilitas merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan pengunjung. Perbaikan fasilitas seperti keadaan air yang kurang bersih, keramik dasar kolam renang yang berjamur dan adanya keramik yang pecah, tempat bilas yang kurang memadai, ruang ganti yang sudah rusak pintunya, dan tempat parkir yang kurang luas dan kurang aman dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Fasilitas Kolam Renang Alam Tirta Yonif 412 di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan di kolam renang Alam Tirta Yonif 412 Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung kolam renang Alam Tirtha Yonif 412 Kabupaten Purworejo, sedangkan jumlah responden atau subjek yang diteliti menggunakan 70 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket dengan uji validitas per butir instrumen menggunakan rumus Product Moment diperoleh r tabel sebesar 0,361 dan uji reliabitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien sebesar 0,863. Apabila butir soal memiliki r hitung di atas 0,361, maka butir tersebut valid/ sahih, sedangkan apabila r hitung dibawah 0,361, maka butir soal dinyatakan tidak valid/ gugur. Teknik analisis data mengguanakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan fasilitas kolam Renang Alam Tirta Yonif 412 di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada 70 responden yakni dengan kategori sangat rendah sebesar 4,29% sebanyak 3 orang, dalam kategori rendah yakni sebesar 38,57% sebanyak 27 orang, dalam kategori kategori sedang yakni sebesar 32,86% sebanyak 23 orang, dalam kategori tinggi sebesar 15,71% sebanyak 11 orang, dan dalam kategori sangat tinggi sebesar 8,57% sebanyak 6 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan fasilitas kolam Renang Alam Tirta Yonif 412 di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah berkategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat kepuasan, pelayanan, kolam renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 11 Mar 2019 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23661

Actions (login required)

View Item View Item