Pengaruh model PBL terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Ilmiah pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Se Gugus 3 Kotagede

Utaminingtyas, Siwi (2015) Pengaruh model PBL terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Ilmiah pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Se Gugus 3 Kotagede. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siwi-utaminingtyas-13712251031.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh PBL terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA, (2) pengaruh PBL terhadap sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA, serta (3) pengaruh PBL terhadap hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiments) dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Se Gugus 3 Kotagede Kecamatan Kotagede Yogyakarta tahun pelajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 9 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Dari populasi yang ada diambil 3 kelas secara random sebagai sampel. Dua kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model PBL, dan satu kelas ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan ekspositori. Kelas yang diperoleh adalah kelas V SD Dalem (eksperimen1), kelas VC SD N Kotagede 1 (eksperimen 2), dan kelas V SD N Baluwarti (kontrol). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar materi peristiwa alam pada mata pelajaran IPA, dan observasi sikap ilmiah. Uji normalitas data menggunakan Klomogrov-Smirnov, sedangkan uji homogenitas secara multivariate menggunakan uji Box M dan secara univariat menggunakan Lavene’s test. Data dianalisis dengan independent t-test, uji MANOVA dengan rumus T² Hotelling Trace, dan dilanjutkan dengan uji kriteria Bonferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) PBL berpengaruh positif dan signifikansi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA dengan nilai signifikansi 0,000 (independent t-test pada taraf signifikansi 0,025). (2) PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA nilai signifikan 0,000 (independent t-test pada taraf signifikansi 0,025). (3) PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA dengan nilai signifikansi 0,000 (MANOVA T² hotelling pada taraf signifikansi 0,05). Hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah di kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 lebih tinggi daripada kelas kontrol (Uji Bonferroni pada taraf signifikansi 0,05). Keseluruhan uji dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Se gugus 3 Kotagede.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PBL, hasil belajar kognitif, sikap ilmiah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23607

Actions (login required)

View Item View Item