Peningkatan KreativitasSiswa Kelas IV SD Negeri I Prapaglor Pituruh PurworejoMelalui Pembelajaran Tematik Integratif dengan Pendekatan Open Ended

Bernadi, Resmna Maulia Ayu (2015) Peningkatan KreativitasSiswa Kelas IV SD Negeri I Prapaglor Pituruh PurworejoMelalui Pembelajaran Tematik Integratif dengan Pendekatan Open Ended. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-resna-maulia-ayu-bernadi-13712259021.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas IV SD Negeri I Prapaglor, Pituruh, Purworejo melalui pembelajaran tematik integratif dengan menerapkan pendekatan open ended. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Setiap siklus terdiri atas tiga tahap, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi, dan refleksi. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan open ended pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pendekatan open ended kreativitas peserta didik mengalami peningkatan. Peserta didik yang telah mencapai kriteria kreatif atau sangat kreatif sebanyak 12 anak (75%). Hasil tes kreativitas peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III. Hasil tes kreativitas peserta didik yang mencapai kategori kreatif dan sangat kreatif pada siklus I sebesar 0%, siklus II 31,25%, dan siklus III 75%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, tematik integratif, pendekatan open ended
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23590

Actions (login required)

View Item View Item