Model Pengembangan Bank Soal Daerah Berbasis Equating di Era Otonomi Daerah dan Desentralisasi

Heri, Retnawati and Samsul, Hadi (2013) Model Pengembangan Bank Soal Daerah Berbasis Equating di Era Otonomi Daerah dan Desentralisasi. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
4Strnas_HeriRetno_UNY-2013.pdf

Download (62MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni menemukan model pengembangan bank soal untuk ujian akhir daerah berbasis equating di era otonomi daerah dan desentralisasi, dengan tujuan khusus yakni (1) Tujuan penelitian ini yakni menemukan model pengembangan bank soal untuk ujian akhir daerah berbasis equating di era otonomi daerah dan desentralisasi, dengan tujuan khusus yakni (1) mengidentifikasi permasalahan dan deskripsi kebutuhan (need assesment) terkait dengan bank soal daerah, (2) merumuskan model bank soal daerah untuk ujian akhir berdasarkan hasil need assesment dan Delphi, (3) melaksanakan ujicoba model, monitoring dan evaluasi, dan revisi, sehingga memperoleh model final ujian akhir daerah untuk menentukan kualitas keberhasilan pendidikan di era otonomi daerah dan desentralisasi, dan (4) menyusun buku panduan pengembangan bank soal daerah untuk ujian akhir daerah (5) Melaksanakan ujicoba skala luas model pengembangan bank soal untuk ujian akhir daerah dengan desain penyetaraan dengan butir bersama (equating) dan menambah soal-soal yang disimpan dalam bank, (6) Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan revisi, yang hasilnya digunakan untuk merevisi model model bank soal untuk ujian akhir daerah untuk menentuan kualitas hasil belajar antar sekolah/wilayah dengan desain penyetaraan dengan butir bersama (equating) penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development), yang terdiri dari tiga tahap dalam waktu dua tahun (2012-2013). Tahap I merupakan base line study dan delphi, untuk mengidentifikasi permasalahan dan deskripsi kebutuhan (need assesment), dan meramalkan urgensi bank soal untuk ujian akhir daerah. Tahap II merupakan tahap pengembangan model bank soal berbasis equating, melakukan ujicoba skala terbatas, monitoring dan evaluasi, dan revisi, serta menyusun draft panduan pengembangan bank soal daerah. Tahap III merupakan tahap ujicoba skala luas dan penambahan butir soal dalam bank, monitoring dan evaluasi, dan revisi, serta perbaikan panduan pengembangan bank soal daerah. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi partisipasi, delphi, dokumentasi dan wawancara mendalam (indept interview). Analisis data dilakukan secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian tahap III (tahun kedua) menunjukkan berdasarkan hasil ujicoba skala luas yang melibatkan guru-guru MGMP matematika SMP di DI Yogyakarta, diperoleh bahwa guru sangat terbantu dengan pemanfaatan bank soal online, dan telah adanya jaminan butir soal baik secara teoretis dan empiris, guru memohon akses untuk bisa berpartisipasi dalam pengelolaan butir ujian dalam sistem bank soal online, baik mengetahui karakteristiknya, identitas butir, penambahan butir, penghapusan butir, dan pemanfaatan butir, dan perlunya pembahasan tiap butir soal, karena belum semua guru dapat menyelesaikan soal. Bank soal ini kemudian diperkaya dengan penambahan butir baru, mulai dari kelas VII sampai kelas XII, baik SMP, SMA dan SMK, denan menambah butir 233 butir untuk matematika dan 250 butir soal bahasa Inggris. Bank diperkaya pula tidak hanya berisi mapel matematika namun juga mapel bahasa Inggris. Selanjutnya sistem bank soal ini disajikan (dalam proses perijinan) pada laman uny.ac.id dibawah pusdi pusbijadikbangsisjian LPPM UNY. Model bank soal sebagai produk final ini selajutnya dituangkan dalam buku panduan model sistem bank soal.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Strategis Nasional 2013
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 15 Jul 2015 01:34
Last Modified: 15 Jul 2015 01:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23558

Actions (login required)

View Item View Item