PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) PADA MATA DIKLAT PLC DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Awal, Fitriyana (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) PADA MATA DIKLAT PLC DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Awal Fitriyana - 06518244011.pdf

Download (743kB) | Preview

Abstract

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) PADA MATA DIKLAT PLC DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Awal Fitriyana NIM. 06518244011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model TAI (Team Accelerated Instruction). Guru menyampaikan tujuan, pokok-pokok pembelajaran, melaksanakan diskusi team, latihan soal, penguatan dan kesimpulan pada mata diklat PLC siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan pembelajaran kooperatif model TAI dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2 dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendiskripsikan sesuai dengan fenomena. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemamfaatan Energi Listrik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam pembelajaran mata diklat PLC mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan dari: (1) Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa adalah 58,5% sedangkan pada siklus II persentase aktivitas belajar adalah 71,9%, terjadi peningkatan kearah perbaikan sebesar 6,01%. (2) Prestasi belajar siswa dari siklus 1 dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus 1 prestasi belajar siswa dengan rata-rata nilai adalah 62,31 (pre test) dan 72,56 (post test). Pada siklus 2 prestasi belajar siswa rata-rata nilai adalah 78,78 (post test). Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 8,57 % Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 14 Jul 2015 07:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23530

Actions (login required)

View Item View Item