PENGEMBANGAN MEDIA MODUL SEBAGAI RUJUKAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

C Asri, Budiningsih and Pujiriyanto, M.Pd and MD, Niron (2013) PENGEMBANGAN MEDIA MODUL SEBAGAI RUJUKAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAPORAN TAHUNAN STRANAS.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan paket modul pendidikan karakter di SD. Pengembangan modul menggunakan pendekatan kognitif-struktural dialogal-komunikatif dalam interaksi nilai, sehingga nilai karakter anak berkembang secara bertahap menuju terbentuknya nilai yang otonom. Jenis penelitian pengembangan (R & D) ini dilakukan di SD-SD di Yogyakarta. Subyek penelitian meliputi ahli materi, ahli media, guru dan siswa SD. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, seminar, dan observasi. Telah dihasilkan 5 modul pendidikan nilai karakter di SD meliputi nilai ”Persatuan”, ”Keadilan”, “Kejujuran”, “Kepedulian”, dan “Kemanusiaan”. Pengembangan modul melalui langkah-langkah: (a) penelitian pendahuluan, (b) perencanaan, (c) mengembangkan draf, (d) uji ahli dan uji pengguna, (e) uji lapangan permulaan, (f) uji lapangan utama. Hasil penelitian menunjukkan modul dalam kategori baik.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Strategis Nasional 2013
Uncontrolled Keywords: media modul, pendidikan karakter, sekolah dasar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Jul 2015 07:41
Last Modified: 14 Jul 2015 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23529

Actions (login required)

View Item View Item