ELEKTROMAGNETIK DEUTERON; MODEL PERTUKARAN PARTIKEL DALAM INTERAKSI KUAT GAYA INTI DITINJAU DARI FUNGSI GELOMBANG NON-RELATIVISTIK DAN RELATIVISTIK DALAM POTENSIAL OPEP

R. Yosi Aprian Sari, M.Si. and Denny, Darmawan (2013) ELEKTROMAGNETIK DEUTERON; MODEL PERTUKARAN PARTIKEL DALAM INTERAKSI KUAT GAYA INTI DITINJAU DARI FUNGSI GELOMBANG NON-RELATIVISTIK DAN RELATIVISTIK DALAM POTENSIAL OPEP. ARTIKEL HIBAH PENELITIAN KERJASAMA ANTAR PERGURUAN TINGGI.

[img]
Preview
Text
Untitled1.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Interaksi nukleon-nukleon (dua nukleon atau lebih) yang dapat berupa interaksi kuat, interaksi elektromagnetik dan interaksi lemah yang menentukan sifat-sifat atau perilaku inti. Interaksi dua nukleon dapat berwujud interaksi proton-proton, neutron-neutron dan proton-neutron. Pada interaksi proton-neutron pada keadaan terikat dihasilkan inti baru yang disebut deuteron. Bentuk yang paling sederhana dari potensial interaksi ini adalah potensial pertukaran satu-pion (OPEP). Tujuan jangka pendek dari penelitian ini adalah pada tahun pertama mengetahui karakterisasi sifat-sifat elektromagnetik deuteron dari fungsi gelombang non-relativistik, dan pada tahun kedua selain karakterisasi sifat-sifat elektromagnetik deuteron dari fungsi gelombang relativistik dalam potensial OPEP, juga menelaah aplikasinya dalam bidang medis berupa terapi pion, yaitu dengan interaksi pion dengan materi (bagian tubuh manusia). Sedangkan tujuan jangka panjangnya adalah eksplorasi komprehensif karakteristik deuteron dibawah pengaruh potensial OPEP dan mengembangkan potensi aplikasi terutama di bidang medis, yaitu terapi pion. Dalam penelitian ini, langkah awal yang ditempuh adalah kajian teoretis bagi fungsi gelombang relativistik, modifikasi dan diskretisasi program yang telah dibuat yang diperlukan untuk membuat suatu algoritma yang sesuai dan siap diterjemahkan dalam bahasa pemrograman komputer. Selanjutnya mengimplementasikan suatu teknik pemrograman untuk mendapatkan nilai yang terkait dengan pengaruh potensial OPEP dalam deuteron, yaitu berupa besaran elektromagnetik ditinjau dari fungsi gelomban relativtik Hasil penelitian yang diperoleh di tahun pertama penelitian ini berupa kajian teoretis dan suatu program komputer yang dapat mengemukakan energi dan sifat-sifat elektromagnetika dari fungsi gelombang non-relativistik deuteron. Hasil yang diperoleh pada tahun pertama ini dijadikan acuan di tahun kedua yaitu bagi fungsi gelombang relativistik. Hasil-hasil ini telah diperoleh akan dipublikasikan di dalam seminar nasional dan jurnal nasional. Manfaat yang dapat disumbangkan dari hasil penelitian ini adalah dalam bidang medis. Energi, momen elektromagnetika dan partikel pion yang dihasilkan dari interaksi proton dan neutron dapat digunakan dalam terapi pion, yaitu terapi dalam penyembuhan penyakit kanker.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN HIBAH PENELITIAN KERJASAMA ANTAR PERGURUAN TINGGI 2013
Uncontrolled Keywords: Fungsi Gelombang Relativistik, Elektromagnetik, Terapi Pion
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Jul 2015 06:42
Last Modified: 14 Jul 2015 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23512

Actions (login required)

View Item View Item