MODEL EVALUASI PENJAMINAN MUTU SEKOLAH

Soenarto, Soenarto and Kartowagiran, Badrun and Jaedun, Amat (2013) MODEL EVALUASI PENJAMINAN MUTU SEKOLAH. Artikel Penelitian Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Artikel Penjaminan Mutu 2013.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan HB Pasca Tahun ke-3.pdf

Download (554kB) | Preview

Abstract

Secara keseluruhan, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model evaluasi penjaminan mutu sekolah yang valid dan implementatif, yang terdiri dari: (1) model dan prosedur atau mekanisme evaluasi penjaminan mutu sekolah, (2) instrumen yang valid untuk digunakan dalam evaluasi penjaminan mutu sekolah, dan (3) panduan dalam melakukan evaluasi penjaminan mutu sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian riset dan pengembangan (R & D), yang dilakukan selama tiga (3) tahun. Pada penelitian tahun pertama yang telah dilaksanakan pada tahun 2011, telah dihasilkan model dan prosedur atau mekanisme evaluasi penjaminan mutu sekolah yang telah tervalidasi berdasarkan hasil FGD yang melibatkan pakar dari perguruan tinggi dan LPMP, asosiasi profesi (HEPI, ISPI, dan ADGVI). Penelitian tahun kedua yang telah dilaksanakan pada tahun 2012, telah dihasilkan panduan penggunaan model dan instrumen evaluasi penjaminan mutu sekolah, yang telah tervalidasi berdasarkan hasil FGD yang melibatkan pakar dari perguruan tinggi, LPMP, dan P4-TK, asosiasi profesi (HEPI, ADGVI, dan PGRI), pengawas (SMA, dan SMK), dan Wakasek Urusan Penjaminan Mutu (UPM). Sementara itu, pada penelitian tahun ketiga yang dilaksanakan pada tahun 2013 ini, dilakukan diseminasi model melalui uji pengguna, yang mencakup prosedur dan panduan pelaksanaan penjaminan mutu, serta penerapan instrumen evaluasi penjaminan mutu sekolah untuk mengevaluasi pelaksanaan penjaminan mutu yang dilakukan pada 20 sekolah sasaran. Hasil penelitian pada tahun ketiga telah berhasil mempercepat kelulusan dua mahasiswa S-2 Program Pascasarjana UNY, sehingga dapat memperpendek masa studi menjadi sekitar 23 bulan. Pada tahun ketiga juga telah berhasil mempercepat kelulusan satu mahasiswa S3, yang saat ini tengah menunggu penjadwalan untuk melakukan ujian hasil (ujian tertutup) disertasinya. Hasil penelitian tahun ketiga menunjukkan bahwa: (1) model, mekanisme atau prosedur, panduan, dan instrumen evaluasi penjaminan mutu sekolah yang telah dikembangkan valid, praktis, dan mudah dipahami oleh para pelaksana penjaminan mutu di sekolah, sehingga dapat digunakan sebagai perangkat dalam melakukan evaluasi penjaminan mutu sekolah, (2) ruang lingkup penjaminan mutu yang dilakukan di sekolah sasaran, telah mencakup komponen input, proses, output, dan komponen outcomes (khususnya untuk SMK), (3) pada sekolah-sekolah eks RSBI (SMA dan SMK Eks RSBI), penjaminan mutu telah dilakukan dengan baik, terencana, dan terukur. Namun demikian, intensitasnya telah terjadi penurunan setelah sekolah yang bersangkutan tidak lagi menyandang status sebagai RSBI, (4) dalam penjaminan mutu input peserta didik, sekolah tidak sepenuhnya mengacu pada standar mutu input untuk sekolah-sekolah unggul, tetapi harus mengacu pada kebijakan Dinas Pendidikan, (5) peran stakeholders eksternal (seperti: LPMP, P4-TK, dan Dinas Pendidikan) dalam melakukan penjaminan mutu sangat kurang. Demikian pula, sekolah juga belum melibatkan Perguruan Tinggi yang ada di daerah untuk ikut melakukan penjaminan mutu sekolah.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN HIBAH PENELITIAN TIM PASCASARJANA 2013
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Jul 2015 04:32
Last Modified: 16 Oct 2019 04:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23496

Actions (login required)

View Item View Item