Pengaruh Model Collaborative Learning terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri se- Gugus I Caturtunggal

Primadiati, Ika dewi (2015) Pengaruh Model Collaborative Learning terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri se- Gugus I Caturtunggal. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ika-dewi-primadiati-13712251007.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model collaborative learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Negeri se-Gugus I Caturtunggal. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus I Caturtunggal. Sampel ditentukan secara acak untuk dilaksanakan penerapan model collaborative learning. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas IV SD Negeri Caturtunggal 3 sebanyak 29 siswa dan SD Negeri Percobaan 2 sebanyak 30 siswa yang menerapkan model collaborative learning, kelas IV SD Negeri Caturtunggal 1 yang menerapkan model cooperative learning sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, angket, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model collaborative learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa pada mata pelajaran IPA daripada menggunakan model cooperative script. Hasil analisis uji beda hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen 1 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,002 dengan perbedaan rata-rata sebesar 4,51 yang berarti ada pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen 1. Hasil analisis uji beda motivasi belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 dengan perbedaan rata-rata sebesar 4,76 yang berarti terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen 1. Adapun Hasil analisis uji beda hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen 2 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,002 dengan perbedaan rata-rata sebesar 1,19 yang berarti tidak ada pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen 1. Hasil analisis uji beda motivasi belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen 2 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 dengan perbedaan rata-rata sebesar 2,68 yang berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen 2. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model collaborative learning dapat digunakan siswa pada pembelajaran IPA SD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: collaborative learning, motivasi, dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23477

Actions (login required)

View Item View Item