Pengembangan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah untuk Pemberdayagunaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Peserta Didik SMA, Program Pascasarjana UNY

Paidi, Dr., M.Si. and Djukri, - and Prof. Dr. IGP., Suryadharma (2013) Pengembangan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah untuk Pemberdayagunaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Peserta Didik SMA, Program Pascasarjana UNY. Artikel Penelitian Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL HIBAH PASCASARJANA - DR. PAIDI, M.Si & TIM - UNY.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesiapan sekolah di SMAN Kota Magelang untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah, (2) menghasilkan model pembelajaran biologi berbasis masalah yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), modul, dan penilaian hasil belajar yang efektif dan efisien dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMAN di Kota Magelang-Jawa Tengah.Penelitian research and development (R & D) mengadaptasi model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan, yaitu analyse (analisis), design (desain), development (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini akan dilakukan selama dua tahun. Pada tahun pertama dilakukan tahapan analyse, design, dan development. Pada tahun pertama dilakukan penelitian yang melibatkan 10 pakar pendidikan, 25 rekan sejawat, 16 pendidik biologi SMA negeri Kota Magelang, dan 150 peserta uji coba terbatas. Hasil penelitian tahun pertama menunjukkan bahwa: 1) kesiapan di SMAN Kota Magelang yang meliputi kesiapan pendidik biologi, kepala sekolah, sarana dan prasarana, dan peserta didik terkategorikan siap untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah, akan tetapi perlu peningkatan kesiapan pendidik biologi pada kemampuan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran biologi berbasis masalah; 2) perangkat pembelajaran biologi berbasis masalah yang telah dihasilkan yaitu silabus, RPP, media, LKPD, modul, dan perangkat penilaian telah valid berdasarkan validasi dan uji coba terbatas.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Pascasarjana 2013
Uncontrolled Keywords: PBL, perangkat pembelajaran biologi, berpikir tingkat tinggi
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 14 Jul 2015 03:41
Last Modified: 14 Jul 2015 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23472

Actions (login required)

View Item View Item