Dr. M.Bruri, Triyono and Herman Dwi Surjono, Ph.D. (2013) MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. [Experiment/Research]
|
Text
LAP HIBAH Dr BRURI TH KE3 FINAL.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran e-learning Sekolah Menengah Kejuruan dengan menerapkan sistem desain pembelajaran e- learning yang memudahkan guru mengembangkan sendiri pada mata pelajaran yang diampunya. Sistem desain pembelajaran e-learning berbentuk panduan mencakup empat aspek yaitu aspek Analisis Kebutuhan, aspek Seleksi dan Urutan Kompetensi, aspek Pengembangan Pelajaran, dan aspek Evaluasi Instruksional Penelitian ini termasuk penelitian riset dan pengembangan (R & D), yang akan dilakukan selama tiga (3) tahun. Tahun pertama, mengkaji dan mengembangkan kriteria model pembelajaran e-learning di SMK beserta indikatornya. Tahun kedua, mengembangkan dengan menerapkan Panduan Sistem Desain Pembelajaran e-learning di SMK berdasarkan kriteria model hasil tahun pertama, menyelenggarakan FGD untuk membahas draf panduan, melakukan uji coba, dan merevisi draf panduan. Tahun ketiga, diseminasi Panduan Sistem Desain Pembelajaran e-learning di SMK sesuai mata pelajaran produktif dan menguji keefektifannya. Pada tahun pertama, responden yang akan dilibatkan dalam FGD adalah 5 pakar media pembelajaran dari perguruan tinggi dan 5 pakar dari profesi teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Sementara itu, responden uji coba pada tahun pertama adalah 20 guru SMA dan 165 siswa SMK. Tahun kedua, peserta FGD adalah 10 pakar dari perguruan tinggi dan Profesi TIK, sedangkan materi yang didiskusikan adalah panduan penggunaan prosedur pembelajaran e-learning di SMK. Peserta uji coba pada tahun kedua ini adalah 40 guru SMK, dan 200 siswa SMK. Pada tahun ketiga, model pembelajaran e-learning diseminasikan ke 22 guru SMK se-DIY. Hasil penelitian tahun pertama adalah draf kriteria model pembelajaran e- learning dan indikator dari empat aspek utama yaitu 1) analisis kebutuhan, 2) seleksi dan urutan kompetensi, 3) pengembangan pembelajaran, dan 4) evaluasi pembelajaran. Hasil tahun ke dua adalah panduan model pembelajaran e-learning SMK yang sudah diuji kelayakannya. Sedangkan hasil tahun ketiga adalah diseminasi panduan model pembelajaran e-learning SMK dapat diterapkan di SMK sebagai model pembelajaran e-learning yang mudah, dan efektif untuk pembelajaran e-learning.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH PASCASARJANA 2013 |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran e-learning, SMK, e-learning |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 14 Jul 2015 03:33 |
Last Modified: | 14 Jul 2015 03:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23469 |
Actions (login required)
View Item |