IDENTIFIKASI AKOMODASI PEMBELAJARAN GURU KELAS TERHADAP SISWA BERKESULITAN BELAJAR DI SD N 4 WATES, KECAMATAN WATES, KABUPATEN KULON PROGO

Cahyani, Novita Citra Sari (2015) IDENTIFIKASI AKOMODASI PEMBELAJARAN GURU KELAS TERHADAP SISWA BERKESULITAN BELAJAR DI SD N 4 WATES, KECAMATAN WATES, KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk akomodasi pembelajaran yang diberikan oleh guru kelas terhadap siswa berkebutuhan khusus di SD N 4 Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I dan guru kelas V, siswa kelas I dan siswa kelas V, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru kelas melakukan akomodasi materi dan cara pengajaran dengan menyiapkan siswa, memusatkan perhatian siswa yang ramai di kelas, memberikan apersepsi dengan bertanya jawab dan bernyanyi, menyampaikan kompetensi dan manfaat yang akan dicapai, memberikan garis besar materi, menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan, menggunakan media gambar untuk menarik perhatian siswa, dan memberikan intonasi yang jelas dan beragam dalam menyampaikan penjelasan. 2) guru kelas melakukan akomodasi tugas dan penilaian di kelas dengan memberikan tugas dari yang mudah ke yang sulit, memberikan tugas yang merupakan tanggung jawab infividu. 3) guru kelas melakukan akomodasi tuntunan waktu dan penjadwalan dengan memberikan toleransi waktu dalam penyelesaian tugas, memberikan jeda setelah siswa menyelesaikan tugas dan sebelum melanjutkan ke materi selanjutnya. 4) guru kelas melakukan akomodasi lingkungan belajar dengan menempatkan siswa di tempat yang jauh dari pintu dan jendela, memberi keleluasaan gerak pada siswa, menempatkan siswa duduk di dekat guru, memberikan tanggung jawab ketika siswa ada dalam kelompok, menempatkan siswa berada dalam kelompok yang dapat membantu. 5) guru kelas melakukan akomodasi penggunaan system komunikasi khusus dengan memberi kesempatan lebih pada siswa untuk mengeja kata, membiasakan siswa untuk membaca, menyajikan materi dengan media berbasis computer, memberi tugas dengan instruksi berbasis computer, memberi pengejaan kata yang jelas di papan tulis, menggunakan diagram, gambar dan kegiatan langsung untuk mendukung pemahaman konsep abstrak. Kata kunci: akomodasi pembelajaran, guru kelas, siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23445

Actions (login required)

View Item View Item