LAYANAN PENDIDIKAN KHUSUS PADA SISWA HIPERAKTIF DI KELAS 1 SD NEGERI MARGOSARI KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

Fitriyah, Durotul (2015) LAYANAN PENDIDIKAN KHUSUS PADA SISWA HIPERAKTIF DI KELAS 1 SD NEGERI MARGOSARI KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Durotul Fitriyah (11108244097).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan pendidikan khusus pada siswa hiperaktif di kelas 1 SD Negeri Margosari kecamatan Pengasih kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Aspek yang diamati meliputi layanan pendidikan khusus dalam bentuk akomodasi, instruksi, dan intervensi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas I. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles & Hubberman, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan pendidikan khusus yang diberikan oleh guru pada siswa hiperaktif belum maksimal. Layanan pendidikan khusus yang sudah diberikan oleh guru berupa: pengaturan tempat duduk, memberikan peringatan ketika siswa hiperaktif tidak memperhatikan, mengajarkan materi yang sulit di awal hari, menerima keterlambatan tugas siswa hiperaktif, melakukan kontak mata dengan siswa hiperaktif, mengajar dengan kecepatan yang bervariasi, memberikan isyarat berupa sentuhan, melakukan pembentukan kelompok dan menerapkan tutor sebaya untuk siswa hiperaktif. Layanan pendidikan khusus yang belum diberikan berupa: pemberian tugas dan soal belum disesuaikan dengan kemampuan, belum menyampaikan tujuan pembelajaran secara khusus, menyampaikan daftar kegiatan secara khusus, belum menyampaikan poin-poin penting secara khusus, tugas rumah belum disesuaikan dengan kemampuan, dan belum menerapkan permainan untuk melatih perhatian. Kata kunci: layanan pendidikan khusus, hiperaktif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23444

Actions (login required)

View Item View Item