Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Berbasis Peserta Didik Matapelajaran Matematika SMP di Kota Yogyakarta

Djemari Mardapi, Prof. Ph.D. and Samsul, Hadi and Heri, Retnawati (2013) Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Berbasis Peserta Didik Matapelajaran Matematika SMP di Kota Yogyakarta. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
HP ProfDJEMARI 13.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM) berbasis peserta tes sekaligus menentukan KKM berbasis peserta didik untuk matapelajaran matematika SMP di kota Yogyakarta antarwaktu. Penelitian ini studi longitudinal selama 3 tahun yaitu tahun 2010, 2011, dan 2012. Metode pengumpulan data yakni dokumentasi untuk memperoleh data statistik ujian akhir yang akan ditentukan KKM-nya dan Focus Group Discussion (FGD). Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode grup kontras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKM matapelajaran matematika tahun 2010 sebesar 7,5, namun mengalami penurunan sebesar 0,5 pada tahun 2011 menjadi 7,0 dan naik kembali pada tahun 2012 menjadi sebesar 7,6 (untuk skala 0-10).

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: LAPORAN AKHIR HIBAH PASCASARJANA 2013
Uncontrolled Keywords: standard setting (cut of score), matapelajaran matematika SMP
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 13 Jul 2015 07:00
Last Modified: 13 Jul 2015 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23409

Actions (login required)

View Item View Item