Pengaruh Penerapan Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas V SD

Juano, Asterius (2015) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas V SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asterius-juano-13712251043.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengaruh pembelajaran problem posing dan direct instruction terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis; 2) interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat kemampuan belajar matematika peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis; peserta didik kelas V SDN Pujokusuman I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan menggunakan Non-equevalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Pujokusuman I Yogyakarta yang terdiri dari empat kelas. Dari 4 kelas tersebut, dipilih secara acak 2 kelas (diperoleh kelas VA dan VB). Peserta didik dalam masing-masing kelas yang terpilih dikelompokkan dalam kategori tingkat kemampuan tinggi dan tingkat kemampuan rendah terhadap kemampuan belajar matematika. Kelas V A diberi perlakuan strategi problem posing, sedangkan kelas V B diberi perlakuan dengan direct instruction. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis. Uji normalitas data menggunakan jarak Mahalanobis dan uji homogenitas data menggunakan Box’s test. Data dianalisis dengan menggunakan uji Manova dua jalur dan uji t dengan kriteria Bonferoni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh antara pembelajaran problem posing dan direct instruction terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis; 2) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat kemampuan belajar matematika peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis peserta didik kelas V SD Negeri Pujokusuman I Yogyakarta. Pembelajaran problem posing lebih baik dari direct instruction baik untuk kemampuan tinggi maupun untuk kemampaun rendah terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem posing, direct instruction, kemampuan berpikir kritis, kemampuan komunikasi matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jul 2015 12:48
Last Modified: 09 May 2019 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23399

Actions (login required)

View Item View Item