PENERAPAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO

Rahmanto, Pramudita and Mardiyah, Siti Umi Khayatun (2015) PENERAPAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL PRAMUDITA.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar, (2) meningkatkan minat belajar (3) mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan metode problem posingpada Standar Kompetensi Berkomunikasi Bahasa Inggris Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini merupakam penelitian tindakan kelas, yang berlangsung dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan setiap pertemuan ada 4 (empat) tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran Berkomunikasi Bahasa Inggris dan siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dalam persentase dan analisis data kualiatif. Skor keberhasilan sejumlah 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, siklus I motivasi belajar siswa sebesar 68,35%, pada siklus II naik menjadi 81,64%, (2) dapat meningkatkan minat belajar siswa, siklus I minat belajar siswa sebesar 73,12%, pada siklus II naik menjadi 84,99%. (3) kendala-kendala yang dihadapi: a) pengaturan waktu dalam pembelajaran belum optimal, b) perencanaan guru sebelum pembelajaran memakan banyak waktu karena menyiapkan informasi apa yang akan disampaikan, c) guru tidak variatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 13 Jul 2015 12:48
Last Modified: 30 Jan 2019 01:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23285

Actions (login required)

View Item View Item