PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULATOR PLC OMRON CPM2A BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN VISUAL BASIC DI SMK NEGERI 3 WONOSARI

ARI KRESNA, WISNU NENGGAR (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULATOR PLC OMRON CPM2A BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN VISUAL BASIC DI SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ari Kresna Wisnu Nenggar - 11502247008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Simula Berbasis Komputer Menggunakan Visual Basic Di SMK Negeri 3 Wonosari Tujuan dari penelitian ini adalah media pembelajaran simulator visual basic di SMK Negeri 3 Wonosari, kelayakan dari media pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Wonosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan (Research and Development OMRON CPM2A berbasis komputer menggunakan yaitu (1) studi pendahuluan; desain; (5) uji coba lapangan awal; (9) uji coba lapangan operasional; produk. Penelitian ini dilakukan pada SMK Negeri 3 Wonosari angket. Teknik analisis yang digunakan adalah mengetahui kelayakan komputer. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dihasilkan berupa produk berbentuk media pembelajaran Berdasarkan silabus, standar kompetensi dan kompetensi dasar materi Produk dikembangkan m program PLC; (2) form lembar kerja praktikum untuk tiga (3) kali pertemuan. pembelajaran simulator menurut penilaian dosen ahli materi % dengan kriteria penilaian keseluruhan 77,9 % dengan krit persentase keseluruhan sebesar kerja praktikum memperoleh persentase sebesar 90,2% dengan kategori sangat layak, ahli media 2 memperoleh layak, untuk lembar kerja praktikum mendapatkan persentase sebesar 75 % dengan kategori layak, dan dari uji lapangan memperoleh dengan kriteria penilaian keseluruhan tidak kurang dari standar minimal yaitu dapat disimpulkan bahwa berbasis computer sudah layak untuk Kata kunci : Media Pembelajaran vii ABSTRAK Simulator PLC OMRON CPM2A Oleh : Ari Kresna Wisnu Nenggar 11502247008 (1) mengembangkan suatu produk PLC OMRON CPM2A berbasis komputer menggunakan (2) mengetahui tahapan pengembangan dan simulator PLC OMRON CPM2A berbasis komputer di Development). Pengembangan produk media pembelajaran visual basic melalui beberapa tahap, (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; ; (6) revisi I; (7) uji coba lapangan utama; (10) revisi produk akhir; dan (11) penyempurnaan Siswa kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Indu Wonosari. Data dikumpulkan dengan menggunakan Instrumen berupa analisis kualitatif dan media pembelajaran simulator PLC OMRON CPM2A berbasis simulator PLC OMRON CPM2A berbasis komputer menjadi tiga (3) bagian, yaitu (1) form konsol untuk penulisan simulator untuk melihat hasil program PLC yang telah dibuat Uji kelayakan terhadap PLC OMRON CPM2A berbasis komputer yang dikembangkan, 1 memperoleh persentase keseluruhan sebesar sangat layak, penilaian ahi materi 2 memperoleh kriteria penilaian sangat layak, dari ahli media 1 memperoleh 91% dengan kriteria penilaian sangat layak persentase keseluruhan sebesar 75 % dengan kriteria penilaian persentase keseluruhan sebesar sangat layak. Standar kelayakan media pembelajaran layak. Berdasarkan data tersebut media pembelajaaran simulator PLC OMRON CPM2A digunakan di SMK Negeri 3 Wonosari Simulator, PLC OMRON CPM2A yang berupa C SMK Negeri 3 pengembangan simulator PLC (4) revisi (8) revisi II; Industri kuantitatif untuk komputer. materi-materi kemudian dibuat; (3) media 80,8 persentase , layak,dan lembar dari 81,8 % apabila . Wonosari. Puji syukur atas hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Media Pembelajaran Menggunakan Visual Basic Di SMK Negeri 3 Wonosari Tujuan penyusunan skripsi ini adalah untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berupa diharapkan mampu mendukung proses pengajaran pada kontrol. Penulisan skripsi ini dapat terlaksana dengan baik karena bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak. Maka, dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada 1. Prof. Dr. Rochmat Waah Yogyakarta. 2. Dr. Moch Bruri Triyono, M.Pd., selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta 3. Muhammad Munir Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta. 4. Masduki Zakaria M. T., memberi arahan dan bantuannya serta menyelesaikan laporan viii KATA PENGANTAR

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jul 2015 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 01:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23237

Actions (login required)

View Item View Item